<-->

3 Aspek yang buat Samsung S9 kalah telak dari Sony Xperia XZ2



     Sony akhirnya mengambil keputusan besar untuk mengubah bahasa desain flagship Xperia mereka, setelah memakainya hampir 5 tahun ini.



Namun berita buruknya, Xperia XZ2, flagship terbaru Sony, harus berhadapan langsung dengan sang raksasa smartphone yang sudah mendapat banyak sorotan sejak awal, Samsung S9.



Namun jangan salah, dalam beberapa aspek, Samsung S9 kalah telah dari smartphone besutan produsen asal Jepang tersebut. Mungkin di atas kertas desain Samsung S9 lebih elegan, dan punya kamera yang berada di jajaran teratas yang tersemat di smartphone. Namun berikut ada tiga buah aspek yang harus diakui Samsung bahwa mereka kalah dari Sony.

Berikut ulasannya.

1. True 10-bit HDR capture
Samsung S9 memiliki kamera yang revolusioner, di mana terdapat dua bukaan yakni f/1.5 dan juga f/2.4. Namun soal perekaman Ultra HDR untuk video yang berkualitas ala sinema? Sepertinya XZ2 menang.

Sebenarnya hal ini adalah fitur dari Snapdragon 845, prosesor bertenaga baru dari Qualcomm yang memotori kedua smartphone ini. Namun masalahnya adalah, Samsung S9 hanya menyematkan prosesor Snapdragon 845 hanya pada perangkat di Amerika Serikat saja. Di luar AS, prosesor yang digunakan adalah Exynos 9810. Soal performa antara SD 845 dan Exynos 9810 mungkin setara. Tapi dukungan UHD untuk video? Tentu tidak.

Hal ini membuat di Indonesia saja, fitur ini tidak akan Anda dapat. Namun Anda justru akan mendapatkannya jika Anda membawa pulang Sony Xperia XZ2.

2. Super slow-motion 960 fps di resolusi 1080p
Salah satu keunggulan kamera Samsung S9 adalah kemampuan untuk melakukan slow-motion di 960 fps. Namun soal resolusi, ternyata Samsung S9 hanya mampu mecapai resolusi HD atau 720p. Di Sony Xperia XZ2, fitur yang sama juga muncul namun dengan resolusi lebih besar yakni 1080p.

Sony sendiri sudah memulai permainan super slow-motion di industri smartphone ini sejak rilisnya Xperia XZ Premium di MWC tahun lalu dengan menawarkan 1000fps slow motion. Di XZ1 yang rilis Agustus, kemampuan slow motion sudah meningkat dari itu. Jadi, Sony sudah ada di ranah ini bahkan sebelum Samsung berupaya.

3. Baterai, RAM, dan harga
Soal baterai, XZ2 secara kapasitas menang dengan angka 3180mAh, dibandingkan dengan Samsung S9 yang hanya 3.000mAh. Keunggulan lagi dari XZ2 adalah resolusinya yang hanya Full HD+, dibandingkan dengan QHD+ dari Samsung S9, membuat baterai akan lebih hemat sekitar 20 hingga 30 persen.

Soal RAM dan harga, XZ2 jelas memiliki RAM 6GB ketimbang Samsung S9 yang memiliki hanya 4GB. Terlebih lagi, soal harga, Sony terkenal memang mematok harga jauh di bawah Samsung. Terlebih lagi, harga Samsung S9 kini mendekati harga Note 8 di angka mulai 11,5 juta hingga 14,5 juta.

Sumber : merdeka

No comments

Powered by Blogger.