5 Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Bahan Alami

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
ilustrasi

Bagi wanita yang tinggal di wilayah perkotaan, masalah kulit kusam mungkin sudah menjadi hal yang sulit untuk dihindari. Bayangkan saja, mulai dari paparan sinar matahari, serbuan asap kendaraan bermotor, hingga debu dari jalanan seakan sudah jadi santapan sehari-hari saat kamu harus beraktivitas di luar ruangan.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Jika tidak mendapat perlindungan yang cukup, bukan tidak mungkin kondisi ini akan membuat kulit jadi gampang terlihat kusam dan kasar. Nah, selain mengantisipasi dengan rutin menggunakan produk tabir surya, kamu juga perlu melakukan perawatan dengan mengandalkan bahan alami. 

Karena selain bebas dari kandungan kimia yang mungkin memberi efek iritasi, bahan alami juga tergolong aman digunakan oleh berbagai jenis kulit dan kaya manfaat baik yang bisa langsung dirasakan kulit. Kira-kira apa saja yang bisa dicoba untuk mengatasi kulit kusam dengan bahan alami? Simak artikel di bawah ini, yuk!

Aloe Vera

Meminum jus lidah buaya tanpa tambahan gula secara rutin setiap pagi bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin merasakan manfaat lidah buaya. Namun jika kamu lebih memilih memanfaatkan lidah buaya secara topikal, kamu bisa mencampurkan lidah buaya dan madu. Caranya: bersihkan lidah buaya dari duri, lalu masukkan dalam air selama 10 menit untuk menghilangkan lendirnya. Angkat dan hancurkan potongan lidah buaya lalu campurkan dengan s sendok teh madu asli. Gunakan pada wajah sebagai masker, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin seminggu sekali untuk mengenyahkan kulit kasar sekaligus mengembalikan kecerahan kulit.

Yogurt

Tak hanya baik dikonsumsi, yogurt juga dikenal sebagai kandungan alami yang efektif mengatasi masalah kulit kusam. Bahan alami yang digunakan suku Indian dalam merawat kulit ini, tidak hanya mampu mengembalikan kecerahan kulit, tapi juga berfungsi sebagai tabir surya alami. kamu bisa mengosumsinya secara langsung setiap hari, atau gunakan sebagai masker wajah. Caranya, campurkan 1 sendok teh yogurt dan madu dengan 1/2 potong daging pisang. Setelah ketiga bahan ini tercampur rata dan memiliki tekstur menyerupai pasta, aplikasikan sebagai masker dan diamakan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan secara rutin seminggu sekali untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Gula Putih dan Gula Jawa

Gula mungkin memberi efek yang buruk jika dikonsumsi secara langsung dalam takaran yang berlebihan. Namun bahan alami yang satu ini bisa memberi manfaat baik jika kamu gunakan sebagai ekfoliasi wajah. Caranya kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan gula jawa dan gula putih, lalu tambahkan sedikit air. Saat teksturnya menjadi lebih lembut, segera aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air hangat. Perawatan ini sebaiknya dilakukan rutin seminggu sekali, guna mengangkat sel kulit mati, yang jadi penyebab utama masalah kulit kusam.

Madu

Manfaat madu bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi, namun di samping itu madu juga punya manfaat bagi kecantikan kulit, lho. Dikenal bersifat anti-inflamasi, dan kaya anti-oksidan, madu efektif dalam melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Selain mengonsumsi 2 sendok makan madu secara rutin setiap hari, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai masker. Caranya cukup campurkan 2 sendok makan madu dengan 3 sendok oatmeal, lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Saat teksturnya sudah mengering, bilas hingga bersih dengan air hangat. Selain madu, oatmeal yang bersifat anti-oksidan dan anti-inflamasi juga akan bekerja secara efektif untuk mengembalikan kecerahan wajah sekaligus menangkal radikal bebas.



Cokelat

Tidak hanya nikmat dikonsumsi sebagai camilan, cokelat, khususnya jenis dark chocolate juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kusam. kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker, dengan cara mencampurkan ½ sendok makan cokelat bubuk, ½ sendok makan madu, 1 sendok teh oatmeal, dan 2 sendok teh susu kedelai. Saat semua bahan tercampur rata, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Kandungan cokelat yang kaya anti-oksidan akan membantu kulit dalam mengembalikan kecerahan dan menangkal radikal bebas.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.