5 Cara Praktis untuk Menghilangkan Komedo yang Mengganggu pada Wajah

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Selain jerawat, apa lagi masalah kulit yang juga menjadi musuh banyak wanita? Yup! Komedo jawabannya. Siapa sih yang tidak sebal jika area hidung mulai disinggahi oleh titik-titik hitam tersebut. Komedo merupakan tumpukan sel kulit mati, kotoran, dan bakteri yang tersumbat di pori-pori. Saat ‘sumbatan’ ini terdorong keluar ke permukaan kulit, lalu terjadi kontak dengan udara, sumbatan ini akan teroksidasi dan berubah menjadi kehitaman. Sumbatan yang terdapat di dalam pori-pori ini sangat lengket. Inilah kenapa kamu kerap mengalami kesulitan untuk mengusir komedo pada kulit. Jika cara yang selama ini kamu lakukan untuk mengatasi komedo belum berhasil, yuk coba berbagai cara untuk menghilangkan komedo yang mengganggu berikut ini!
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
1. Esktraksi

Cara untuk mengusir komedo membandel yang paling sering dilakukan adalah mengekstrasinya secara langsung. Untuk mengeluarkan komedo yang terdapat di pori-pori, kamu bisa menggunakan alat ekstraksi khusus untuk komedo yang biasanya terbuat dari stainless steel. Meskipun cara ini tergolong mudah dan cepat, kamu perlu berhati-hati dalam menjaga kebersihan alat ektraksi serta jari kamu. Sebab, jika alat ekstraksi tidak disetrilkan terlebih dahulu atau kamu memencet komedo dengan jari yang kotor, bisa-bisa komedo kamu malah bertambah diikuti dengan hadirnya jerawat, lho! Untuk mempermudah proses ekstraksi, kamu bisa menguapkan wajah dengan air panas terlebih dulu.

2. Chemical Exfoliation

Jika kamu tidak kuat menahan rasa sakit saat proses ekstraksi komedo, chemical exfoliation atau chemical peeling bisa menjadi pilhan kamu. Kandungan AHA dan BHA seperti glycolic acid yang kerap ditemukan dalam produk eksfoliasi dapat melepaskan sel-sel kulit mati, serta komedo yang terdapat pada pori-pori dan mengeksfoliasi lapisan terluar kulit secara gentle. Selain ketiga kandungan tersebut, salicylic acid juga bisa membantu mengatasi komedo. Salicylic acid merupakan satu-satunya acid yang dapat menembus minyak, sehingga mampu membersihkan pori-pori hingga ke dalamnya dan membantu mengeluarkan komedo.

3. Physical Exfoliation

Selain proses eksfoliasi secara kimiawi, kamu juga bisa mengurangi komedo dengan melakukan eksfoliasi secara fisik. Nah, untuk eksfoliasi secara fisik, terdapat beberapa cara yang dapat kamu pilih. Mulai dari menggunakan produk dengan butiran scrub, menggunakan konjac sponge, hingga menggunakan facial cleansing brush yang mampu membersihkan kulit secara menyeluruh. Namun, betapapun gemasnya kamu pada komedo, jangan sampai berlebihan melakukan eksfoliasi atau over-exfoliate yang dapat menyebabkan munculnya masalah-masalah kulit baru, ya! Cukup lakukan eksfoliasi selama 1-2 kali dalam seminggu, lalu selingi dengan cara lain untuk menghilangkan komedo seperti…

4. Menggunakan Clarifying atau Pore Cleansing Mask

Jika kamu adalah penggemar beauty influencer Suhay Salim, tentu kamu sudah pernah mendengar bahwa ia memiliki skin care routine menggunakan mud mask secara rutin untuk membersihkan kulitnya secara mendalam. Beberapa jenis masker seperti clay mask, mud mask, serta charcoal mask memang berkhasiat membersihkan pori-pori hingga menyeluruh, dan mengangkat minyak, kotoran, maupun sel kulit mati, yang terdapat pada wajah. Beberapa masker juga mengandung sulfur yang mampu bekerja menhancurkan sel kulit mati yang menyebabkan komedo. Apapun masker pilihan kamu, jika ingin mendapatkan efek membersihkan yang maksimal pastikan untuk menggunakannya secara rutin, ya!
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

5. Perawatan di Klinik Kecantikan

Jika kamu sudah benar-benar sebal dengan kehadiran komedo, sedangkan berbagai cara sudah kamu lakukan dan tidak berhasil, mungkin ini waktunya kamu meminta bantuan profesional. Alih-alih mencoba tips dan trik menghilangkan komedo yang belum diketahui kebenarannya, tentu akan lebih aman dan efektif jika kamu langsung berkonsultasi dengan dermatologis atau ahli kulit, dong? Beberapa treatment yang biasanya ditawarkan untuk mengatasi komedo diataranya adalah facial dengan proses ekstraksi, microdermabrasion, atau chemical peeling.

Selain mencoba berbagai cara di atas, kamu juga bisa mengurangi risiko munculnya komedo maupun mencegah komedo datang lagi. Caranya adalah dengan memilih produk yang noncomedogenic. Noncomedogenic berarti produk tersebut tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan komedo maupun menyumbat pori-pori. Jadi, pilih produk kamu dengan seksama, ya!

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.