6 Bahaya Kebanyakan Minum Kopi Bagi Tubuh Wanita

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
ilustrasi
Kandungan kafein dalam kopi memiliki manfaat ajaib untuk menyegarkan pikiran, mengurangi rasa ngantuk, dan meningkatkan kewaspadaan. Sehingga kopi banyak diminum di pagi hari.

 
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Seperti yang kamu tahu bahwa kebanyakan minum kopi bisa menimbulkan efek samping yaitu meningkatkan produksi hormon adrenal yang akan membuat jantung berdegup kencang hingga sulitnya tidur. Selain itu menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, konsumsi kafein secara berlebih akan menyebabkan pembuluh darah melebar yang bisa membuat payudara membengkak dan nyeri.

Masih dari penelitian yang sama, ini efek samping lainnya dari kebanyakan minum kopi bagi wanita.

1. Overdosis

Bukan hanya obat kimia saja yang bisa membuat seseorang overdosis. Kafein juga, apalagi jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Tanda-tandanya dimulai dari rasa gugup, mudah gelisah, insomnia, mual, dan muntah. Jika sudah menjadi tahap yang akut bisa berupa detak jantung yang tidak beraturan, palpitasi jantung, hipertensi, serta pusing.

2. Penyakit payudara

American Medical Association's Council on Scientific Affairs dan National Cancer Institute menyatakan bahwa beberapa wanita yang mengurangi asupan kafein atau menghilangkannya mengalami penurunan rasa nyeri dari penyakit payudara fibrocystic.

3. Gangguan kejiwaan

Tak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi terlalu banyak kafein memiliki efek samping pada kesehatan kejiwaan yang berkisar dari mudah bingung hingga gejala psikotik yang serius.

Konsumsi kafein berlebih juga bisa membuat wanita mengalami peningkatan kecemasan serta mudah panik.

4. Mengurangi kepadatan tulang

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi kafein berlebih juga bisa memberikan efek pada berkurangnya kepadatan mineral tulang pada wanita pasca menopause. Jika dibiarkan berlanjut, maka bisa menyebabkan keropos tulang yang parah.

5. Ketidakseimbangan adrenal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengonsumsi kopi berlebih akan menyebabkan ketidakseimbangan produksi hormon adrenal.

Selain membuatmu sulit tidur, gangguan ini akan mempengaruhi gairah seksual hingga gangguan saat menopause.


6. Penurunan fungsi kognitif
 
Penelitian juga menemukan bahwa ribuan wanita yang mengonsumsi 3 cangkir kopi atau lebih terbukti mengalami penurunan kognitif secara signifikan.

Agar kamu terhindar dari bahaya tersebut, batasi konsumsi kopi dengan tidak lebih dari 3 cangkir per hari. Apalagi jika kamu sedang hamil. Sebab konsumsi kopi yang berlebih saat kamu hamil bisa meningkatkan risiko keguguran atau gangguan kehamilan.

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.