<-->

6 Cara sederhana jaga otak tetap tajam hingga lanjut usia




         Otak memegang peranan penting dalam kehidupan hingga kesehatan. Sebab otak merupakan pusat dari segala macam sistem tubuh, termasuk untuk berpikir dan mengingat.



Ketika usia beranjak tua, sama seperti bagian tubuh lainnya, sel-sel otak juga akan mengalami penuaan dan penurunan fungsi kognitif yang bisa terjadi secara bertahap. Dan hal ini adalah proses yang alami. Namun bukan berarti kamu membiarkan begitu saja saat otakmu mengalami penuaan.



Dilansir dari thehealthsite.com, ini dia beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menjaga ketajaman otak hingga tua.

Aktif secara fisik
Aktif secara fisik atau olahraga bisa meningkatkan dan memperbaiki aliran darah ke otak. Hal ini bertujuan untuk merangsang perubahan kimiawi di otak yang kemudian berguna untuk mempertajam otak.

Aktif secara sosial dan intelektual
Jangan malu untuk bersosialisasi dan merangsang daya pikir. Sebab kegiatan ini terbukti mampu mengurangi penuaan otak.

Cukup tidur
Tidur yang cukup berguna untuk meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan imunitas, dan mengurangi penumpukan protein abnormal di otak yang disebut dengan Beta-amyloid Plaque.

Makan sehat
Beberapa penelitian kesehatan telah melaporkan bahwa rutin mengonsumsi makanan sehat bisa mengurangi kerusakan otak sebesar 21%. Selain itu, memperbanyak minum air juga bisa menghindarkanmu dari dehidrasi dan hipoglikemia.

Mendengarkan musik
Rutin mendengarkan musik bermanfaat untuk mengurangi stres, kecemasan, rasa sakit, dan tekanan darah. Hal tersebut sangatlah berguna untuk meningkatkan ketajaman otakmu.

Rajin meditasi
Meditasi akan meningkatkan kesehatan pikiran dan tubuh. Peneliti telah menemukan bahwa area abu-abu di otak akan menebal seiring dengan seringnya kamu bermeditasi. Area ini berguna untuk meningkatkan kefokusan, mempertajam memori, dan menurunkan stres.


Sumber : merdeka

No comments

Powered by Blogger.