7 Hal Aneh Penyebab Sakit Kepala, Hati-hati



     Sakit kepala cukup mengganggu di saat-saat tertentu. Beberapa hal aneh ini ternyata bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala.



Dilansir dari Prevention pada Kamis (22/3/2018), berikut ini adalah 7 hal aneh yang bisa menyebabkan sakit kepala.



1. Makanan

Beberapa makanan yang diasap, diasinkan, dikeringkan, atau diawetkan, maupun beberapa jenis makanan seperti keju, daging asap, atau daging asap, mengandung sulfit yang bisa mrmbuat lebar pembuluh darah dan menyebabkan sakit kepala.

Hal ini dinyatakan oleh Alexander Mauskop, MD, Direktur dari New York Headache Center, Amerika Serikat. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mencatat makanan apa saja yang membuat Anda sakit kepala.

2. Akhir Pekan

Ketika Anda mencoba istirahat di akhir pekan, mungkin sakit kepala bisa terasa mengganggu. Hal ini mungkin terkait edngan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari.

Untuk mengatasi ini, Anda dianjurkan untuk bangun pagi dengan waktu yang sama, seperti yang dilakukan di hari-hari kerja.'Jika Anda memang butuh tidur, cobalah untuk tidak lebih dari satu jam di siang akhir pekan.

3. Hubungan dengan Orang Lain

Ketika Anda stres menghadapi bos Anda, mungkin saja sakit kepala akan datang dan membuat hari jadi lebih buruk. Hal ini karena ketika Anda stres, napas akan jauh lebih pendek.

Nicole Glassman dari Mindful Health di New York, Amerika Serikat mengatakan, semakin sedikit oksigen yang dikonsumsi, makin sedikit pembuluh darah menyempit. Ini bisa membuat Anda menjadi sakit kepala. 

4. Menatap Layar Komputer

Seharian menatap layar komputer juga bisa menyebabkan sakit kepala. Ini karena adanya tekanan pada mata Anda. Untuk itulah, disarankan agar mengambil istirahat selam 10 menit setiap satu jam, setelah menatap layar.

Selainitu, tegakkan juga posisi duduk dan gunakan pelindung layar.

5. Mengisi Bensin

Beberapa orang memiliki penciuman yang peka. Sehingga, mereka akan menjadi sakit kepala ketika mencium bau tertentu seperti parfum ataupun saat mengisi bensin. Kedua hal itu bersama dengan tembakau, adalah beberapa yang cukup sering membuat sakit kepala.

Anda tidak bisa mengendalikan bau di sekitar Anda. Namun Alexander Mauskop dari New York Headache Center menyarankan, untuk membawa sebotol kecil minyak lavender murni atau peppermint. Ini bisa mencegah stres dan mengurangi ketegangan akibat sakit kepala.

6. Gaya Rambut

Menurut penelitian di City of Londong Migraine Clinic, gaya rambut ternyata juga bisa menjadi penyebab sakit kepala, terutama pada wanita. Ini karena, mereka merasa tidak nyaman akibat kuncir rambut mereka yang terlalu kencang, dan mengalami ketegangan akibat hal itu.

Untuk itulah, kendurkan kuncir rambut selama 30 menit, untuk menghilangkan "tertariknya" kepala Anda oleh rambut.

7. Ponsel

Terlalu banyak melihat ponsel atau tablet dengan posisi menunduk, membuat banyak tekanan di leher Anda. Ini bisa menyebabkan sakit kepala di bagian belakang dan juga di sekitar pelipis.

Untuk itulah, kurangi penggunaan ponsel dan perangkat lainnya. Duduk tegak dan angkat perangkat Anda hingga sejajar dengan mata, sehingga tidak perlu menunduk untuk melihatnya.


Sumber : liputan 6

No comments

Powered by Blogger.