<-->

Air Beras, Rahasia Rambut Indah Wanita di China




         Jangan sepelekan manfaat air beras. Rupanya air beras juga bisa lho membuat rambut seseorang jadi sehat dan tampak indah.



Sebenarnya air beras memang sudah lama dikenal memiliki beragam manfaat tidak hanya rambut tapi juga kulit. Bahkan tidak sedikit produk kecantikan yang memanfaatkan kandungan air beras dalam produk mereka.

Selain mampu memberikan kelembapan pada kulit, air beras juga memiliki manfaat baik bagi kulit kepala dan batang rambut terutama dalam urusan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Ingin tahu lebih lanjut? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Digunakan Sejak Dulu

Kandungan air beras yang kaya manfaat, khususnya dalam pertumbuhan rambut ini sudah ada sejak dulu. Di beberapa daerah, perawatan membilas rambut dengan air beras sudah menjadi kebiasaan turun temurun.

Seperti di wilayah China, tepatnya di desa Huangluo. Desa yang mendapat predikat dari Guinness World Records sebagai desa dengan rambut terpanjang di dunia. Predikat ini diberikan karena seluruh wanita di desa ini memiliki rambut hitam panjang dan sehat.

Bahkan para wanita usia senja tetap memiliki tampilan warna rambut  hitam legam tanpa uban sama sekali. Seperti dikutip dari media Enjinsight, ternyata air beras merupakan resep turun temurun para wanita di desa ini dalam mendapatkan rambut yang sehat.

Manfaat Air Beras

Air beras kaya akan kandungan amino acid dan vitamin yang berfungsi untuk menghadirkan proses relaksasi pada peredaran darah yang berpengaruh penting pada kekuatan akar rambut. Juga memberi volume serta membuat rambut terlihat berkilau.

Selain itu beras juga mengandung Inositol, atau vitamin B8 yang berfungsi memaksimalkan pertumbuhan rambut. Kandungan ini disebut mampu membuat lapisan perlindungan untuk mencegah rambut dari kerusakan, bahkan setelah air beras dibilas.

Cara Mengaplikasikan

Ada beberapa cara untuk merasakan manfaat dari air beras ini. Yang paling sederhana adalah dengan mengambil air beras dan langsung disiramkan pada rambut setelah keramas. Kamu dapat menyiramkan air beras sambil memijat lembut area kepala dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air bersih.

Atau, kamu bisa menggunakan air beras fermentasi. Namun, untuk cara kedua ini kamu perlu sedikit bersabar, karena air beras harus didiamkan selama beberapa hari sebelum langsung digunakan.

Cara membuat air beras fermentasi:

Campurkan 1 cangkir beras organik ke dalam 300 ml air, lalu diamkan selama 30 menit sambil diaduk sesekali hingga warna air berubah.

Pisahkan beras dan air, lalu simpan air beras pada suhu ruangan selama 1-2 hari. Saat aroma asam hasil fermentasi tercium, kamu bisa memindahkan air beras pada suhu dingin/kulkas sebelum dipakai.

Tapi perlu diperhatikan, mengingat kandungan konsentrat beras yang tinggi, ada baiknya kamu mencampurkannya dengan air hangat sebelum digunakan langsung pada rambut.

Caranya mudah dan bisa dipraktikkan di rumah, kan. Selamat mencoba ya!


Sumber : liputan6

No comments

Powered by Blogger.