Baru Bekerja pada Januari 2018, TKW ini Sedih Dipulangkan oleh Majikannya, Alasannya Bikin Prihatin


https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Di sebagian besar negara yang ada di dunia, setiap orang, baik itu yang sudah mahir atau belum mahir, tidak jarang diharuskan untuk mampu berbicara dengan bahasa Inggris jika melamar kerja pada bidang tertentu.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Mulai dari bidang kesehatan, politik, dan ilmu pengetahun, tidak jarang merek yang membuka lowongan pekerjaan mengharuskan setiap pelamarnya untuk bisa berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnnya.

Terlebih jika mereka bekerja di luar negeri.

Sayangnya, angka kemiskinan dan beberapa faktor lainnya menyebabkan sebagian besar orang tidak mendapatkan pendidikan Bahasa Inggris yang baik di sekolah atau institusi pendidikan lainnya.

Tidak jarang, beberapa anak yang usianya masih muda bahkan ada yang lebih memilih bekerja mencari nafkah daripada pergi ke sekolah untuk belajar.

Dilansir dari Viral 4 Real, Joan (bukan nama sebenarnya) adalah salah satu wanita asal Filipina yang juga tak bisa mengenyam pendidikan Bahasa Inggris yang layak karena keluarganya hidup dalam lingkaran kemiskinan.

Meskipun Joan bisa bekerja di Jeddah selama beberapa hari, Joan justru dipulangkan kembali ke kampung halamannya di Filipina oleh sang majikan.

Alasannya pun juga terbilang cukup mengejutkan.

Joan dipulangkan karena tak bisa berbicara dalam Bahasa Inggris.

Bagaimana awal mulanya Joan bisa bekerja di luar negeri ?

Usut punya usut, orang yang merekrut Joan hanya mengurus masalah pembiayaan dan dokumen yang diperlukan, tanpa memberikan pendidikan yang layak terlebih dahulu.

Mengetahui hal ini, perwakilan dari pemerintah bidang ketenagakerjaan di Filipina, Nasser Mustafa, meminta setiap pemilik jasa penyalur tenaga kerja untuk memeriksa dengan teliti setiap orang yang ingin menjadi tenaga kerja, terutma mereka yang direkomendasikan oleh agennya.

Menurut Mustafa, banyak pelamar yang ingin menjadi TKW yang justru tak tahu bagaimana melakukan pekerjaan rumah tangga.

Bahkan tidak jarang, ada TKW yang justru masih di bawah umur

"Aku sendiri tidak tahu bagaimana berbicara dalam Bahasa Inggris, satu katapun aku tak tahu."

"Itulah kenapa setiap kali ada yang bertanya padaku dalam bahasa Inggris, seperti 'How are you?', aku tak tahu mau jawab apa."
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

"Aku cuma bisa menundukkan kepala," ujar Joan ketika diwawancarai oleh GMA News di kantor Philippine Overseas Labor Office (POLO).

Joan sebenarnya tiba di Jeddah, Arab Saudi, pada Januari 2018.

Joan memilih menjadi TKW setelah pasangan kumpul kebonya yang sudah tinggal bersamanya sejak umurnya masih 15 tahun ditangkap dan dipenjara karena terlibat kasus yang berhubungan dengan narkoba.

Sumber:tribunnews

No comments

Powered by Blogger.