<-->

Gara-gara kosmetik pemutih, ginjal wanita ini rusak




        Hati-hati memilih kosmetik! Tak hanya mempengaruhi kulit, kosmetik bisa berdampak buruk pada organ tubuh bagian dalam loh.



Salah pilih kosmetik akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jangan juga pernah tergiur dengan harga murah.



Seperti yang dialami wanita asal Nanjing, China ini. Wanita berusia 30 tahun itu harus menderita penyakit ginjal kronis setelah menggunakan kosmetik pemutih.

Padahal, dia baru menggunakan produk itu dalam dua bulan terakhir. Namun, daya rusak kosmetik itu ternyata sangat parah karena mengandung merkuri, demikian dikutip dari laman Shanghaiist, 5 Maret 2018.

Wanita bermarga Wang itu menjalani proses pemutihan kulit di sebuah salon di Nanjing. Wanita itu kemudian menderita alergi karena reaksi pemutihan yang cepat. Selain itu, Wang juga menderita amnesia serta pembengkakan di lengan dan kaki.

Hasil pemeriksaan rumah sakit mengungkap fakta mengerikan. Kandungan merkuri di urinenya ternyata 10 kali lipat dari batas orang normal. Paparan merkuri parah itu juga merusak ginjalnya.

Tak hanya di Indonesia, wajah putih pucat juga menjadi impian wanita-wanita di China. Wajah putih identik dengan kecantikan sehingga banyak wanita yang berlomba-lomba membeli kosmetik pemuti--yang murah sekalipun.

Merkuri kerap dimasukkan ke dalam kosmetik pemutih oleh produsen nakal. Merkuri ini memang memberi efek cepat dalam memutihkan kulit karena menghentikan produksi melanin. Namun, dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.