Harimau Sumatera Tewas Ditombak, Bangkainya di Gantung Warga




         Seekor Harimau Sumatera tewas dengan mengenaskan di warga Desa Bangkelang, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Minggu (4/3). Hewan dilindungi itu tewas setelah ditombak warga ketiuka memasuki pemukiman.



Kabid Humas Polda Sumatera Utara (Sumut) Kombes Rina Sari Ginting mengungkapkan peristiwa itu berawal ketika hewan yang statusnya nyaris punah itu masuk ke pemukiman warga hingga ke kolong rumah warga.



Sebelum dibunuh warga, kejadian tersebut sempat dilaporkan kepada kepala desa setempat. "Anggota kita dari Polsek Batang Natal diminta datang untuk mengamankan harimau. Namun saat berada di lokasi, harimau itu sudah dikepung warga," kata Rina, Minggu (4/3).

Petugas kemudian menghubungi pihak Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Mandailing Natal. Namun, warga tampaknya geram. Karena harimau tersebut pernah menyerang warga beberapa waktu lalu dan meneyebabkan korban luka.

"Saat menunggu kedatangan petugas, harimau keluar dari kolong rumah dan langsung ditombak," ujar Rina

Harimau sempat mengejar warga yang melakukan penombakan. Namun warga tetap melakukan penombakan berkali-kali hingga akhirnya harimau itu mati.

Untuk memastikan harimau sudah mati, personel Polsek Batang Natal melakukan penembakan ke arah harimau. Dari foto yang beredar, bangkai harimau sempat digantung pada sebuah kayu. Ususnya terlihat menjulur keluar.

"Bangkai harimau sudah diserahkan ke petugas TNBG dan BKSDA untuk di autopsi serta berkoordinasi dengan Polres Madina untuk dilakukan pemusnahan," pungkas Rina.

Sementara itu Humas BBKSDA Sumut Alfianto Siregar mengaku belum mengetahui jenis kelamin harimau yang tewas di tangan warga. "Sedang dilakukan evakuasi harimau ke Polres Madina untuk dilakukan autopsi,"‎ kata Alfianto.


Sumber : Jawapos

No comments

Powered by Blogger.