Hati-Hati, Rock Melon Tercemar Bakteri Listeria yang Menyebabkan Kematian

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kamu penggemar buah melon? Selain rasanya yang enak, melon juga kaya akan nutrisi dan dapat mencegah dehidrasi. Namun, kamu harus waspada. Seperti yang dilansir the Independent (4/3) menyebutkan jika tiga orang dilaporkan meninggal di Australia akibat makan buah melon mengandung bakteri Listeria monocytogenes. Sebanyak 12 orang lainnya dilaporkan sakit.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kejadian ini pertama kali diketahui bulan lalu dan terkait dengan sebuah pertanian di Nericon, Negara bagian New South Wales (NSW). Dua kematian terjadi di NSW dan satu lagi di Victoria. Otoritas kesehatan mengatakan seluruh buah terkontaminasi itu sudah ditarik dari supermarket. Pihak berwenang juga memperingatkan ibu hamil dan lansia untuk tidak mengonsumsi bauh melon utuh.

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Banun Harpini mengatakan Menteri Pertanian menerbitkan aturan Kepmen Nomor 207/Kpts/KR.040/3/2018 tentang Penutupan Pemasukan Rock Melon (Cantaloupe) dari Negara Australia Kedalam Wilayah Republik Indonesia, Merdeka (7/3).

Dalam Kepmen tersebut ada beberapa hal yang menjadi poin utama yang perlu diperhatikan seperti yang dikutip dari rilis Badan Karantina Pertanian (8/3) yaitu:

1. Penutupan pemasukan Rock Melon (Cantaloupe) yang berasal dari Negara Australia ke dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

2. Penutupan Pemasukan diberlakukan terhadap Rock Melon (Cantaloupe) yang dikirim dari Negara Australia sejak tanggal 3 Maret 2018.

3. Pengiriman sebagaimana diatas baik dilakukan secara langsung maupun transit di negara lain dibuktikan dengan Bill of Lading (B/L) atau Airway Bill (AWB) dan Cargo Manifest.

 

4. Pemasukan Rock Melon (Cantaloupe) ke dalam wilayah Negara Republik Indonesia yang dikirim dari Negara Australia sejak tanggal 3 Maret 2018 dilakukan tindakan penolakan dan/atau pemusnahan.

5. Tindakan penolakan dan/atau pemusnahan sebagaimana dimaksud dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Karantina tumbuhan.

Ladies, meskipun pemerintah telah menutup pemasukan Rock Melon ke Indonesia jangan lupa untuk tetap waspada ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.