<-->

Instagram Kembali Hadirkan Fitur GIF




        Beberapa pekan lalu Instagram dan Snapchat kompak memblokir fitur gambar bergerak GIF pada layanan Stories mereka.



Hal tersebut dikarenakan Giphy selaku mitra penyediaan gambar GIF untuk kedua aplikasi tersebut dilaporkan adanya sejumlah konten yang mengandung unsur rasis, konten tersebut berbunyi 'N**** Crime Death Counter - Keep Cranking Bonzo, the Numbers Just Keep on Climbing!'.

Sontak kemunculan konten GIF rasis ini sempat membuat heboh dunia maya. Mendapati layanannya ada konten tidak sehat membuat Giphy kelimpungan dan langsung melakukan pengusutan hingga menemukan adanya bug yang kini sudah dikendalikan.

"Setelah melakukan penyelidikan kami menemukan bug filter moderasi konten kami yang mempengaruhi stiker,' ujar juru bicara Giphy seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (30/3/2018)

Memastikan kontennya telah bersih dan aman, Giphy mengklaim telah memoderasi ulang seluruh pustaka stiker GIF sebanyak empat kali untuk benar-benar memastikan tidak ada lagi kebocoran konten yang mengandung rasis dan sebagainya. Mereka juga memperketat moderasi stiker atas kejadian ini.

"Tingkat moderasi Giphy, setiap stiker harus melewat proses persetujuan terlebih dulu sebelum masuk ke daftar perpustakaan. Hal ini menjadi tambahan yang permanen untuk proses moderasi kita," tambahnya.

Melihat hasil upaya Giphy, kini pengguna Instagram sudah bisa kembali bereksprerimen dengan layanan fitur GIF di Stories. Sebab Instagram kini sudah mengembalikan fitur GIFnya.

"Kami sudah berhubungan erat dengan Giphy selama proses ini dan kami yakin mereka telah melakukan langkah-langkah untuk memastikan bahwa pengguna Instagram memiliki pengalaman yang baik." ujar juru bicara Instagram.

Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.