Nggak Semua Nyeri Haid Itu Normal, Waspadai Endometriosis



      Tak banyak wanita yang peka dan cukup paham mengenai kondisi serta kesehatan alat reproduksi mereka sendiri. Terlebih lagi apa yang terjadi di dalam ovarium (rahim) dan vagina nampaknya menjadi tabu untuk dibicarakan.



Halsey, pelantun lagu Closer duet bersama The Chainsmokers ini mengalaminya. Saat ia mengalami keguguran dan terdiagnosis endometriosis, ia dipaksa untuk tetap tampil di konser oleh para manajernya. 



Endometriosis terjadi saat dinding rahim tumbuh di luar rahim dan dapat menyebabkan nyeri vagina, terutama pada saat datang bulan. Meski nyeri saat haid adalah sesuatu yang normal, namun jangan anggap semuanya normal.

"Kalau kamu merasa ada yang salah, bisa jadi memang benar. Girls, nggak semua nyeri haid itu normal. Buat mereka serius menanggapimu. Kesehatanmu hanya kamu yang punya, dan khususnya cewek muda yang pernah nyeri reproduksi, kamu perlu jaga dirimu sendiri," lanjutnya.

Untuk mendiagnosis endometriosis, butuh beberapa tahapan dan tindakan. Dokter biasanya mendiagnosisnya dari gejala yang kamu alami, tindakan pada pelvis (vagina), dan Ultrasonography (USG).

Tapi satu-satunya cara tercepat dan paling pasti adalah menjalani bedah laparoskopik untuk melihat tanda-tanda dari kondisi, menurut MayoClinic.

Langkah pertama untuk meyakinkan dokter bahwa gejala nyeri haidmu tidak biasa. Sayangnya, beberapa gejala endometriosis sering bersinggungan dengan kondisi ginekologis lain dan beberapa dokter cenderung mengarahkan untuk mengurangi nyerinya.

Meski belum ada obat untuk endometriosis, mengontrol hormon lahir dapat membantu mengatur haidmu, dan sebagai hasilnya, mengurangi beberapa nyeri saat itu. 

Ada beberapa juga yang menjalani operasi untuk menghilangkan jaringan (yang dapat tumbuh kembali) atau operasi histerektomi dalam kasus-kasus yang parah. 

Histerektomi adalah prosedur pengangkatan rahim pada wanita. Histerektomi dapat dilakukan dengan memotong sebagian (hanya indung dan saluran telur) atau mengangkat seluruh rahim secara total.

Bahkan setelah kamu mendapatkan diagnosis, bisa jadi sulit untuk mengetahui kapan dan bagaimana untuk memberitahu orang-orang terdekatmu mengenai kondisi tersebut dan juga efeknya padamu.

Bagi Halsey, membuat orang lain menyadari fakta dari endometriosis telah menjadi satu bagian penting dalam kehidupan kerjanya. "Soalnya para manajerku cowok, dan aku dikelilingi oleh cowok setiap waktu," tuturnya.

"Sangat penting bagimu untuk mengungkapkan jika kamu merasa ada sesuatu yang tak normal dengan menstruasimu. Banyak cewek yang diajarkan untuk percaya kalau nyeri (saat menstruasi) itu normal," ungkap Halsey saat ia berpidato di acara Blossom Ball 2018 yang diadakan oleh Endometriosis Foundation of America, demikian dikutip dari SELF.

Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.