Ponsel Baru Essential Phone Bakal Lepas 'Poni'?




       Essential Phone, smartphone besutan kreator Android Andy Rubin, bisa dibilang sebagai salah satu smartphone revolusioner dalam bidang desain. 



Sebelum iPhone X mengusung desain notch, Essential dengan bangga jadi yang pertama membawa desain tersebut ke smartphone mereka.



Namun kini, sepertinya Essential tak ingin lagi mempunyai desain tersebut. Pasalnya, Essential telah mematenkan beberapa desainnya dalam beberapa bulan terakhir. Salah satu yang paling menarik adalah paten soal "kamera yang diintegrasikan ke layar." Dengan demikian, paten tersebut bisa jadi akan menghilangkan notch alias poni di atas layar smartphone.

Paten tersebut menjelaskan konfigurasi layar yang terdiri dari beberapa lapisan, di mana kamera terletak di "wilayah transparan yang secara substansial memungkinkan cahaya dari luar masuk ke sensor kamera."

Dengan kata lain, kamera depan akan tersembunyi di balik layar. Kita tak akan melihatnya, tetapi itu berfungsi sebagai kamera.

Dalam gambar paten, terlihat bahwa kamera diposisikan berada di tempat notch Essential biasa berada. Hal ini membuat layar LCD akan menempati seluruh permukaan depan perangkat, dengan sensor diletakkan di salah satu titik di dalam layar atau dikelilingi layar.

Teknik peletakannya pun masih belum jelas, diprediksi salah satu titik di bagian atas layar akan dibuat lubang atau cekung, untuk meletakkan sensor.

Tujuan serupa, di mana layar akan memenuhi seluruh permukaan perangkat bagian depan, sebenarnya telah direalisasikan oleh Vivo Apex. Bedanya, Vivo Apex membuat kamera depannya masuk ke dalam perangkat, dan bisa dikeluarkan jika dibutuhkan.


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.