<-->

Waspada, Siklon Tropis Marcus Buat Suhu Laut Jawa Panas

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
ilustrasi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi siklon tropis Marcus menjauhi wilayah Indonesia ke arah selatan-barat daya. Siklon tropis Marcus ini dideteksi sudah melintasi Samudra Hindia selama 24 jam terakhir.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Meskipun demikian, dampak siklon tropis Marcus ini masih akan terasa di pesisir selatan Pulau Jawa.

"Posisi hari ini, siklon tropis Marcus di sebelah barat Australia atau di selatan Jawa, dengan jarak sekitar 1.450 km. Tetapi kondisi ini masih menyebabkan adanya peningkatan tinggi gelombang di selatan Jawa termasuk Yogyakarta, berkisar 2,5-4 meter," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (23/3).

Djoko menjabarkan siklon tropis termasuk siklon Marcus ini memiliki radius atau diameter sebesar 100-200 km. Suhu permukaan laut panas, kata Djoko, lebih dari 26,5 derajat.

"Suhu permukaan laut panas lebih dari 26,5 derajat celcius, sedangkan wilayah sekitarnya tidak terlalu panas. Terjadi wilayah tekanan rendah, dengan pusaran angin yang berputar di dekat pusatnya kecepatan lebih dari 63 km/jam atau 35 knot, cukup kencang," urai Djoko.

Djoko mengatakan masyarakat terutama nelayan yang di pantai selatan musti tetap waspada. Sebab, gelombang tinggi di pesisir selatan masih akan terjadi.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
"(Masyarakat) juga perlu mewaspadai terhadap kemungkinan bencana hidrometeorologi. Bencana Hidrometeorologi ini bisa terjadi diperiode transisi atau pancaroba, seperti banjir, genangan air, longsor, pohon tumbang, dan bahaya petir," tutup Djoko.

Sebagaimana diketahui, Siklon Tropis Marcus pertama kali muncul tanggal 16 Maret 2018 di selatan Papua, atau utara Australia. Bibit siklon Marcus berasal dari wilayah Australia. Pergerakan siklon Marcus ke arah selatan-barat daya, menjauhi wilayah garis ekuator. Sebelum berada di selatan Pulau Jawa, Siklon Tropis Marcus tercatat berada di 710 km selatan-barat daya Pulau Bali dengan kecepatan angin maksimum 205 km/jam dengan kecepatan gerak 28 km/jam.

Sumber:merdeka 

No comments

Powered by Blogger.