<-->

Zaini Dihukum Mati Tanpa Pemberitahuan, Indonesia Diminta Setop Kirim TKI ke Arab Saudi



      Pemerintah Indonesia disarankan menghentikan pengiriman TKI ke Arab Saudi. Hal itu dilakukan pasca adanya eksekusi mati TKI asal Madura, Muhammad Zaini Misrin, oleh Pemerintah Arab Saudi pada Minggu, 19 Maret 2018 tanpa adanya pemberitahuan.



"Setiap negara punya hukum masing-masing yang memang harus dihormati. Tetapi bukan berarti mereka juga boleh tidak menghormati kita, apalagi Presiden kita telah meminta penundaan. Dengan sikap seperti itu memang sebaiknya Indonesia menghentikan sama sekali pengiriman TKI ke Arab Saudi," kata Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago kepada Okezone, Senin (19/3/2018).



Politikus Partai Nasdem itu menilai komunikasi bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi tidak berjalan baik. Buktinya, permohonan penundaan eksekusi yang dilayangkan Presiden Joko Widodo kepada Raja Salman tidak digubris. Akhirnya, Zaini Misrin tetap dieksekusi mati.

"Kemenlu dan Kemenaker harus bertanggung jawab jika ada TKI meninggal di luar negeri dan mereka tidak tahu," tegasnya.

Sekadar informasi, TKI asal Madura, Muhammad Zaini Misrin telah dihukum pancung oleh Pemerintah Arab Saudi pada Minggu, 19 Maret 2018. Dia dieksekusi mati terkait kasus dugaan pembunuhan. Otoritas Saudi sama sekali tidak memberi tahu terkait eksekusi tersebut kepada pemerintah Indonesia.

Zaini Misrin dituduh membunuh majikannya di Arab Saudi pada 2004. Namun, Pemerintah Indonesia baru diberi tahu mengenai status hukumnya pada 2008 ketika pengadilan Arab Saudi sudah menjatuhkan vonis hukuman mati. Zaini sendiri menyangkal telah membunuh majikannya. Diduga ia dipaksa mengakui perbuatan yang tidak dilakukannya oleh pihak kepolisian maupun penerjemah yang dihadirkan saat itu.


Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.