30 Tahun Cuma Makan Sayur, Wanita Asal China Nyaris Lumpuh



      Memiliki pengalaman obesitas di usia mudanya membuat wanita asal Wuhan, China, ini melakukan diet vegetarian ketat selama lebih dari 30 tahun. Wanita ini hanya memakan sayuran seumur hidupnya, yang justru membuatnya lumpuh.



"Akhir-akhir ini aku merasa kakiku tidak seimbang saat berjalan, kayak berjalan di atas kapas. Ditambah lagi, kedua kaki dan tanganku terasa kebas," tutur wanita yang kini berusia 50-an tahun tersebut, demikian dikutip dari situs worldofbuzz.



Khawatir dengan kondisinya, ia segera pergi ke rumah sakit untuk memeriksakannya. Alhasil, dokter memberitahunya bahwa saraf tulang belakangnya sudah cacat.

Anehnya, secara umum kondisi tersebut lebih sering ditemukan pada pasien yang mengidap diabetes atau kekurangan gizi.

Pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa ia juga mengalami kekurangan vitamin B12, hanya 10 persen dari rata-rata. Padahal vitamin tersebut penting untuk memperbaiki saraf yang ada di tubuh kita.

Disebutkan, dulunya wanita tersebut memiliki tinggi 160 cm dan berat 55 kg pada usia 20-an. Ia memutuskan untuk menjalani diet vegetarian untuk menurunkan berat badannya.

"Aku menghindari daging dan makanan berminyak. Lalu berat badanku turun jadi 45 kg dan aku mempertahankan gaya hidup tersebut sudah lebih dari 30 tahun," ungkap wanita tersebut.

Menurut situs WebMD, vitamin B12 dibutuhkan bagi otak, saraf, sel darah, dan beberapa bagian lain di tubuh untuk berfungsi secara normal dan berkembang. Biasanya vitamin ini ditemukan pada daging, ikan dan produk susu.

Karena itulah para vegetarian seperti wanita tersebut lebih rentan terhadap komplikasi ini. Bisa jadi malah ia tak bisa berjalan dan harus terus-terusan berada di tempat tidur.

Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.