<-->

4 Bahan Pengganti Garam yang Asin dan Menyehatkan



      Selain memberi rasa asin, garam juga memberikan rasa enak pada makanan. Maka tidak salah jika garam menjadi bahan wajib setiap memasak. Nah, bagaimana jika tidak ada garam? Tidak perlu panik mom, ada beberapa bahan makanan yang memiliki rasa asin dan dapat dikombinasikan dengan makanan sehingga memberikan rasa asin.



Mom, berikut ini adalah 4 bahan yang dapat digunakan untuk menggantikan rasa asin pada garam. Yuk, coba!



1. Margarin

Berbeda dengan mentega, margarin memiliki rasa yang asin karena margarin mengandung garam. Mom, dapat menggunakan margarin untuk pengganti minyak untuk menumis. Sayuran dan masakan yang ditumis menggunakan margarin akan memiliki rasa yang cenderung asin.

2. Kecap Asin

Kecap asin biasa dicampurkan pada beberapa sajian masakan. Rasanya yang asin bisa digunakan untuk mengganti garam. Untuk sajian tumisan, mom dapat menambahkan kecap asin yang dipadukan dengan rebon agar rasanya semakin kuat.

3. Saus Tiram

Penyelamat rasa tumisan. Cukup tambahkan saus tiram pada tumisan akan membuat tumisan makin enak. Saus tiram dalam proses produksinya memanfaatkan garam untuk menguatkan rasanya. Ketika sudah menggunakan saus tiram hindari menggunakan garam.

4. Ikan Asin

Dalam proses pembuatannya ikan asin memanfaatkan garam untuk mengawetkannya. Mom dapat menggunakan ikan asin sebagai bumbu tabur. Goreng ikan asin hingga kering, lalu tumbuk hingga halus. Bumbu tabur ini cocok untuk jenis masakan yang ditumis.

Nah, bagaimana mom cara ini selain membuat masakan makin enak tentu saja masakan yang dibuat makin sehat. Selamat mencoba.


Sumber : vemale

No comments

Powered by Blogger.