<-->

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Harus Dihentikan



      Anda mungkin punya kebiasaan di pagi hari, seperti minum secangkir kopi atau makan sereal dengan susu untuk sarapan. Namun, kebiasaan itu rupanya bukan cara terbaik untuk memulai pagi hari.



Melansir laman Bright Side, Kamis (29/3/2018), ada beberapa kebiasaan di pagi hari yang harus dihentikan.



Mandi air panas

Air panas punya efek relaksasi, yang akan membuat Anda ingin kembali ke tempat tidur. Sebaiknya, mandi air dingin membantu Anda merasa lebih segar. Kebiasaan mandi air dingin akan merangsang aktivitas otak dan sistem kekebalan bekerja lebih maksimal.

Air dingin juga tidak membuat kulit kering. Menurut para peneliti, orang yang mandi air dingin tiap pagi dapat turun berat badan sekitar 4 kg per tahun.

Memainkan ponsel dalam waktu yang lama

Media sosial menajdi salah satu alasan utama banyak orang yang asyik memainkan ponsel di toilet pada pagi hari. Sebaiknya, berhenti membuang-buang waktu membaca komentar orang lain di medsos. Sebaliknya, habiskan waktu untuk diri Anda sendiri pada pagi hari.

Hindari memeriksa kotak masuk surat elektronik (surel). Hal ini dikarenakan dapat membuat hari kerja Anda lebih panjang. Anda lebih baik memutar musik favorit. Habiskan waktu di pagi hari bersama orang-orang yang Anda cintai atau memasak sarapan yang lezat dan sehat.

Membuang waktu memilih pakaian

Pernahkah Anda menghabiskan waktu berjam-jam di pagi hari dengan pertanyaan, "Apa yang harus aku pakai hari ini?" Hindari membuang waktu lama memilih pakaian.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat pilihan lebih sederhana, yakni kurangi pakaian yang Anda miliki di lemari Anda. Buatlah area khusus di lemari yang berisi pakaian yang Anda kenakan untuk bekerja.

Jika Anda sering pakai jaket hitam dan kemeja putih. Simpan hanya jaket hitam dan kemeja putih di area ini. Cek pakaian secara teratur. Singkirkan pakaian yang tidak Anda pakai lagi.

Makan sereal

Porsi sereal biasa (50 gram) mengandung sekitar 4 sdm gula. Terlalu banyak gula di pagi hari menyebabkan insulin (hormon yang mengubah glukosa jadi energi) masuk ke dalam darah. Anda menjadi lelah. Susu, yogurt, dan buah segar yang ditambahkan ke sereal juga tidak sehat untuk dimakan di pagi hari.

Ahli diet terkenal, Chelsey Amer, baru-baru ini mengatakan, lebih sehat makan sepotong pizza di pagi hari daripada semangkuk sereal. Pizza mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Ini menjadi sarapan yang seimbang.

Namun, penting untuk diingat agar tidak makan lebih dari satu potong pizza. Selain pizza, Anda bisa makan telur orak-arik atau daging yang tidak mengandung terlalu banyak lemak.

Gosok gigi setelah sarapan

Setelah sarapan, enamel (lapisan luar gigi) gigi menjadi lebih sensitif, terutama jika Anda makan buah, jeruk, atau minum soda. Makanan tersebut mengandung asam sitrat dan asam fosfat, yang bisa menyebabkan karies gigi.

Yang harus Anda lakukan adalah mencuci mulut dengan air dan membuang sisa makanan dengan benang gigi. Cobalah menggosok gigi 30 menit setelah makan.

Minum kopi hitam

Minum kopi hitam setelah bangun tidur membuat kadar kortisol naik. Ini menyebabkan Anda merasa cemas. Jika Anda minum kopi saat lapar, Anda bisa kena gastritis (radang lambung).

Penelitian menunjukkan, waktu terbaik minum secangkir kopi adalah tiga atau empat jam setelah bangun tidur. Namun, jika Anda tidak dapat menahan minum kopi di pagi hari, tambahkan sedikit susu atau krim ke dalamnya. Cara ini akan mengurangi efek dari minum kopi di perut.

Merapikan tempat tidur

Ketika bangun, kasur penuh dengan tungau dan debu. Ini karena kelembapan yang menempel dari tubuh Anda di seprai pada malam hari. Kelembapan belum sempat menguap.

Para peneliti merekomendasikan, cukup pindahkan selimut dari kasur setelah Anda bangun. Cara ini menghilangkan kelembapan.


Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.