Cherophobia, Saat Kamu Merasa Takut Untuk Bahagia



      Semua orang pasti ingin merasa bahagia dan membahagiakan orang lain. Namun ada juga orang yang bisa fobia akan perasaan berbahagia, yang disebut dengan cherophobia.



Berasal dari bahasa Yunani 'chairo' yang berarti 'bersenang', pada dasarnya mereka yang mengidap cherophobia takut terlibat dalam kegiatan apapun yang menyenangkan.



Namun lebih tepatnya, bukan kegiatannya yang mengerikan, namun ketakutan jika kamu merasa lepas, senang dan bebas, berarti nanti suatu yang mengerikan akan terjadi.

Seorang blogger bernama Stephanie Yeboah menceritakan pengalamannya hidup mengidap cherophobia. Ia menyebutnya "perasaan sangat tak berdaya".

"Perasaan tersebut nantinya akan menimbulkan rasa cemas atau was-was saat terlibat atau secara aktif melakukan hal-hal yang dapat membuatmu bahagia saat kamu merasa itu takkan bertahan lama," ungkapnya, dilansir dari Metro.

Ia mengaku fobianya dipicu oleh kejadian-kejadian traumatis yang ia alami. Namun tidak berarti bahwa hidupnya selalu dirundung kesedihan.

Menurutnya, mengobati cherophobia kadang kerap disalahpahami sebagai gejala depresi, sehingga baginya tak terlalu membantu.

Cherophobia jarang digunakan dan bahkan tidak masuk dalam sumber utama pendiagnosaan kesehatan mental: Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5).

Tetapi, dalam situs Health Line, beberapa ahli kesehatan mengklasifikasinya sebagai bentuk dari kecemasan. Beberapa gejalanya, antara lain: 

1. Rasa cemas saat kamu diundang perkumpulan sosial
2. Melewatkan kesempatan yang dapat mengubah hidup menjadi positif, karena adanya rasa takut sesuatu yang buruk akan terjadi
3. Menolak untuk mengikuti aktivitas yang 'menyenangkan'
4. Berpikir bahwa merasa bahagia berarti akan ada hal buruk yang akan terjadi
5. Berpikir bahwa kebahagiaan membuatmu jadi orang yang buruk atau jahat
6. Percaya bahwa menunjukkan kebahagiaan itu tidak baik untukmu atau orang-orang disekitarmu
7. Berpikir bahwa mencoba untuk bahagia itu buang-buang waktu dan usaha

Apakah kamu juga termasuk orang yang takut berbahagia? Kalau kamu belum pernah alami gejala-gejala di atas, jangan lupa bahagia ya!


Sumber : Detik

No comments

Powered by Blogger.