<-->

Di Tangan Warga Surabaya, Cabai jadi Beragam Olahan Menarik

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
 
Cabai umumnya identik dengan rasa pedas yang membakar lidah. Tapi di tangan Ika Puji Astuti (40), seorang warga Margorejo RT 5 RW 3, cabai berhasil ia inovasikan menjadi olahan menarik. Apa saja?

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
 
Berawal dari keikutsertaan acara Merdeka Dari Sampah (MDS) 2017 lalu, tangan kreatif Ika bereksperimen mengolah cabai menjadi aneka olahan. Seperti manisan, sirup, puding, sosis hingga cokelat mercon.

Ika mengatakan bahwa proses untuk melakukan inovasi olahan cabai tidaklah mudah. Berulang kali ia mengalami beberapa kegagalan. Namun keuletannya akhirnya membuahkan hasil. Inovasi pertamanya pun berhasil ia kreasikan.

"Inovasi pertama yang berhasil dibuat adalah sosis cabai, manisan cabai, sirup cabai, dan permen cabai 'Hot', kemudian inovasi berkembang, berhasil membuat puding cabai dan cokelat mercon," ungkap Ibu satu anak itu dilansir dari detikcom.

Setelah resepnya berhasil, kini Ika menularkan ilmunya ke warga Margorejo RT 5 RW 3 dan karang taruna setempat. Kini produk olahan cabai itu sudah mulai dijual sejak Agustus 2017 lalu. Untuk harga seporsi puding ia hargai senilai Rp 5000, cokelat mercon isi 10 biji dijual seharga Rp 25.000.

Sementara untuk 1 kg manisan dijual seharga Rp 150.000 dan 220 ml simple sirup cabai dijual Rp 25.000 sedangkan yang kental dijual seharga Rp 50.000.

Kelurahan Margorejo sukses jadi pemenang lomba 'Awarding Merdeka dari Sampah' yang digelar Pemkot Surabaya. Selain konsisten menjaga kebersihan lingkungan, kelurahan ini juga gencar melakukan penghijauan menggunakan tanaman cabai sebagai komoditas unggulan.

 
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
 
Lurah Margorejo Noervita Amin menambahkan, kepedulian, kesadaran dan inovasi warga Margorejo. Salah satunya ialah Ika yang berhasil berinovasi dengan cabai sehingga menjadi olahan unik dan enak.

"Ika ini pintar membuat olahan makanan, orangnya kreatif. Dia kan juga suka masak dan buat-buat puding dengan berbagai bentuk," pungkas Vita yang kebetulan sedang bersama Ika saat itu. 

Sumber:detikcom

No comments

Powered by Blogger.