<-->

Dihujat Banyak Orang Usai Komentari Rendang, Juri MasterChef UK Akhirnya Angkat Bicara!




    Juri Masterchef, Gregg Wallace, akhirnya angkat bicara soal komentar sengitnya mengenai rendang yang menuai reaksi keras dari banyak pecinta masakan khas Minangkabau itu.



Komentar kontroversial Wallace menuai begitu banyak kritik, tak terkecuali dari perdana menteri Malaysia.



Gelombang protes itu menjalar bak minyak disulut api, paska Wallace mengomentari masakan rendang ayam yang disajikan salah satu kontestan Masterchef UK asal Malaysia, Zaleha Kadir Olpin.

"Kulitnya tidak renyah dan saya tidak bisa memakannya, karena semua bumbu dibaluri (tidak meresap ke daging) di kulitnya." Ujar Wallace.

Sontak komentar sengit Wallace yang diucap seolah tanpa pengetahuan dasar tentang rendang itu menuai reaksi keras  banyak orang, tak terkecuali perdana menteri Malaysia, Najib Razak.

Melalui akun twitternya, Najib Razak menyindir, "memangnya ada rendang ayam yang 'renyah'?"

'Rendang ayam harus disajikan renyah' itulah kata kunci mengapa badai kritik menerpa Wallace dan rekannya sesama juri, John Torode.

Tahu bahwa komentarnya menuai kritik di mana-mana, Wallace tak lantas ciut, ia yakin betul pendapatnya benar.

Dalam sebuah wawancara ia mengungkapkan:

“Maksud saya bukan digoreng seperti halnya ayam goreng. Yang saya maksud adalah rendang ayam itu tidak cukup matang. Sebab rendang ayam itu tidak dimasak dengan baik. Warnanya putih dan lembek, ” paparnya pada acara Good Morning Britain yang disiarkan ITV.

Komentar tajamnya soal rendang yang dimasak Olpin disinyalir menjadi penyebab kontestan asal Malaysia itu tereliminasi. 

Menjawab itu Wallace berujar:

"Olpin tereliminasi bukan karena kulit rendangnya tidak renyah namun karena koki lain memiliki masakan yang lebih baik."

Komentar kontroversial Wallace memicu reaksi keras dari banyak pecinta masakan khas Minangkabau itu, khususnya masyarakat rumpun Melayu, baik di Indonesia dan Malaysia.

Bahkan sebuah laman Facebook bernama "Justice for Chicken Rendang" khusus dibuat seorang netizen Malaysia demi menuntut permintaan maaf dari Wallace dan Torode.

Seperti halnya Wallace, John Torode pun berkilah bahwa tak ada yang keliru dalam komentarnya menyoal rendang yang dimasak Olpin.

Torode bersikeras ia tahu betul cita rasa masakan Malaysia.

“Saya pernah berwisata kuliner di Malaysia. Makanan Malaysia sangat fantastis. Saya sangat menyukainya. Namun yang saya tekankan pada Olpin adalah rendang ayam yang ia masak tidak cukup matang (bumbunya tidak menyerap). Itu yang saya ungkapkan" papar Torode. 


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.