Hobi Jadi Peluang Usaha, Tiga Pemuda asal Agam ini Raup Keuntungan Puluhan Juta per Bulan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kreatifitas dan hobi bisa menjadi peluang usaha yang besar jika di tekuni. Seperti tiga pemuda asal Karatau, jorong Bangkaweh, nagari Ladang Laweh, kecamatan Banuhampu, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rinal(23), Ilhami (28) dan Fauzan (18). Berawal dari Hobi membuat gelang dan cincin rajutan, kini karya tiga pemuda itu mulai memasuki pasar nasional.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Saat ditemui Covesia.com di rumah produksinya di Karatau, jorong bangkaweh, terlihat ketiga lajang itu sedang asyik menjalin benang menjadi gelang pesanan salah satu club motor di kota Padang, dan Pariaman.

"Kami mendapat pesanan 70 gelang motif dan nama yang akan dikirim 3 hari lagi, " ujar Rinal sembari terus memainkan jarinya menyulam benang.

Dijelaskannya, gelang kain hasil rajutannya dijual dengan berbagai macam bentuk jenis dan harga, mulai dari harga Rp 10 ribu hingga Rp 90 ribu, tergantung besar motif dan kesulitan membuatnya. Dalam satu harinya mereka bisa merajut sebanyak 6 hingga 9 gelang tergantung ukuran dan motif.

"Jika pesanan ukuran 3 cm dengan motif nama, dan batik satu harinya cuma bisa menyelesaikan 1 gelang, namun 1 gelang tersebut dijual Rp 90 ribu," lanjutnya.

Mengenai bahan yang digunakan, merupakan benang jahit biasa dengan berbagai warna, namun membutuhkan kemahiran dan tingkat ketelitian yang tinggi untuk menjalinnya. Usaha yang digelutinya hampir 2 tahun itu bermula dari pesanan teman-teman terdekat, kemudian timbul ide untuk memproduksi dalam jumlah besar dan  memasarkannya.

Gelang rajutan hasil karya mereka sangat diminati pelanggan di dalam maupun luar daerah, ada yang club motor, musik atau pasangan muda mudi yang sedang kasmaran.

Dalam satu bulannya, 3 pemuda itu  bisa meraup keuntungan lebih dari Rp 10 juta.

"Saat ini produk sudah kami pasarkan secara online di media sosial, para pelanggan yang berminat akan menghubungi kami, setelah jenis nya ditentukan mereka akan mentransfer uang dan pesanan akan dikirim dalam 4 hari," jelasnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Untuk mengembangkan usaha, saat ini mereka sedang mengupayakan sebuah stand untuk memajangkan hasil karya yang nantinya bisa di singgahi para wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi dan Agam.

"Kita sedang mengupayakan produk kami akan menjadi souvenir untuk wisatawan untuk bukti mereka sudah mendatangi Agam dan Bukittinggi," pungkasnya.

Sumber:covesia

No comments

Powered by Blogger.