<-->

Menangis Tanpa Alasan? Tanda Kamu Mengidap Hypophrenia



     Pernahkah kamu merasa ingin menangis tanpa alasan yang jelas? Karena ternyata nggak sedikit orang yang sering mengalami hal yang sama. hal ini sempat disinggung Selebtweet Zarry Hendrik beberapa waktu yang lalu. Ia menuliskan dalam akun-nya @zarryhendrik, "Apa sih penjelasan psikologisnya orang yang suka tiba-tiba nangis aja gitu tanpa tau sebabnya?"



Aneh memang jika melihat orang isa berubah mood begitu cepat dan tiba-tiba menangis tanpa sebab. Ada yang menebak itu adalah bipolar, ada juga yang menyebut itu sebagai hypophrenia.



Seperti dikutip dalam Liputan6.com, Rena Masri M.Psi. menjelaskan,"Pertanyaan ini mesti ditelaah lebih mendalam. Enggak bisa juga kita bilang orang yang menangis tanpa sebab itu sebagai penderita hypophrenia. Kalau pengidap bipolar, mood orang tersebut swing. Saat ini dalam keadaan sedih, dalam hitungan menit tiba-tiba dia bisa ketawa," ujarnya dalam Health-Liputan6.com.

Diungkapkan psikolog Rena Masri bahwa hypophrenia merupakan gangguan yang membuat seseorang bisa sedih atau menangis secara tiba tiba. Penyebabnya juga bermacam-macam, entah itu trauma yang tidak terselesaikan, masih mengalami perasaan kehilangan, dan lain sebagainya.

Hypophrenia bisa dipicu perasaan kehilangan yang sangat mendalam, traumatis dan rasa sedih mendalam ini bisa muncul mendadak. Keterkaitan masa lalu yang pahit atau pengalaman buruk tak terlupakan, bisa jadi pemicunya.

"Kalau ditanya kenapa dia nangis, mungkin dia juga enggak tahu jawabannya," lanjut Rena.

Kita bisa saja mengalihkannya, mungkin hanya sementara. Namun, bukan suatu yang mustahil kalau efeknya bisa datang tiba-tiba.

"Uniknya, dia enggak sadar kalau itu traumatis. Jadi munculnya ya itu, bisa tiba tiba sedih dan lainnya. Untuk tingkat yang lebih jauh, seseorang akan mengalami manik depresif," tutup Rena.

wah, jadi jika kamu suka menangis tanpa sebab, kemungkinan kamu punya pengalaman sedih traumatis di masa lalu ladies. Coba renungkan lagi.


Sumber : vemale

No comments

Powered by Blogger.