<-->

Nggak Alot! Tips Membuat Cireng Renyah di Luar, Lembut di Dalam

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ladies, setuju nggak kalau cireng yang paling enak itu adalah yang teksturnya renyah di luar tapi lembut di dalam? Pastinya sih yang nggak alot. Cireng yang alot apalagi keras, rasanya pun jadi kurang nikmat.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Untuk membuat cireng yang renyah di luar dan lembut di dalam pun ternyata ada caranya sendiri. Nggak susah kok. Untuk selengkapnya, yuk ikuti penjelasannya di bawah ini biar bisa langsung dicoba sendiri di rumah.

1. Buat bahan biang dan masak hingga seperti lem

Ini dia kunci pentingnya. Bahan biang!

Bahan-bahan:
50 gram tepung sagu
150 cc air biasa
2 siung bawang putih, diulek/dihaluskan
3/4 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, iris halus

Campurkan semua bahan tersebut di panci teflon. Lalu masak hingga teksturnya seperti lem dan warnanya transparan. Bisa dibilang keberhasilan bahan biang akan meningkatkan kesuksesan membuat cireng yang sempurna.

2. Uleni bahan biang dengan tepung tapioka dan tepung terigu

Di sini kita juga perlu menyiapkan bahan kering yang terdiri dari 150 gram tepung tapioka/sagu dan 2 sdm tepung terigu. Bahan biang yang tadi sudah dibuat kemudian langsung diuleni ke bahan kering. Uleni sampai benar-benar kalis hingga mudah dibentuk. Baru bentuk adonan jadi bulat pipih, lakukan sampai adonan habis.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

3. Goreng cireng sampai sedikit kering
 
Gunakan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng cireng. Goreng dengan api agak sedang sampai sedikit kering, tak perlu terlalu lama karena takutnya nanti malah akan keras. Untuk lebih mudahnya, cek apakah ketika ditekan cireng tidak kempis lagi. Kalau sudah tidak kempis lagi berarti sudah matang, jadi bisa langsung diangkat dan ditiriskan.

Tidak terlalu sulit, kan? Selamat mencobanya di rumah, ya ladies. Untuk bumbunya, kita bisa menggunakan saus favorit atau bumbu rujak sesuai selera. Wah, jadi ngidam ingin makan cireng sekarang nih.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.