<-->

Tas Batok Karya Ismarofi Dipasarkan ke Luar Negeri lewat TKI

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kuletan dan kegigihan Rofi membuat kerajinan tas batok membuahkan hasil. Kini kerajinan tas batok miliknya berkembang pesat. Pesanan tas batok dari luar daerah terus mengalir tiap bulan. Mulai dari Bali, Jakarta, Yogyakarta, Aceh, Sulawesi, hingga Kalimantan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Tak hanya itu, berkembangnya teknologi, juga membuat pemasaran tas batoknya dapat menjangkau ke luar negeri.

Ia memasarkan tas batoknya lewat sosial media. Dampaknya, banyak tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri memesan untuk di jual lagi di luar negeri. Mulai dari Hongkong, Singapura, Belanda, bahkan sampai Rusia.

Produksi tas batoknya juga terus bertambah. Jumlah pekerja juga bertambah banyak mencapai 43 orang.
Pekerjanya rata-rata tetangganya sendiri. Jenis produksinya juga bertambah. Selain tas, ada gantungan kunci, tempat tisu, dan tempat lampu.

Harga kerajinan tas batok milik Rofi juga tergolong murah mulai Rp 50.000 per biji hingga Rp 100.000 per biji. Dengan modal utangan awal Rp 2 juta itu, sekarang omzet bisnis kerajinan tas batok milik Rofi mencapai Rp 50 juta per bulan. Omzet itu belum dipotong gaji karyawan, pembelian bahan baku, dan biaya produksi lainnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
Rofi bersyukur usaha kerajinan batok miliknya berkembang pesat. Tapi, dia lebih bersyukur lagi dapat menciptakan peluang kerja bagi para tetangganya yang menganggur. Dengan berkembangnya usahanya, otomatis tenaga kerja yang dibutuhkan juga bertambah.

“Setidaknya niat awal saya membuat kerajinan yang memberi manfaat bagi masyarakat sekitar sudah terwujud. Ini sebagai sodaqoh saya di akhirat,” katanya.

Sumber?:tribunnews


No comments

Powered by Blogger.