<-->

Tidak Punya Dapur, Sekolah di India Masak Makan Siang di Toilet

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Sebuah sekolah di Distrik Damoh, Negara Bagian Madhya Pradesh, India, menjadi sorotan media setempat. Sebab, seperti diberitakan Hindustan Times Senin (23/4/2018), selama dua bulan terakhir, sekolah tersebut memasak makan siang bagi murid-muridnya di dalam toilet. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Di desa Muda, terdapat dua sekolah yang dikelola pemerintah. Sekolah dasar serta sekolah menengah. SMA Muda itu bisa menampung 85 orang murid. Bangunan sekolah tersebut sebenarnya sudah diresmikan sejak Februari lalu. Namun, masih ada beberapa bagian yang belum dikerjakan.

Karena itu, untuk urusan makan siang, SD Muda memasaknya di dapur sekolah yang tua. Namun, untuk SMA Muda, petugas terpaksa memasaknya di toilet. Koki Shakila, salah satu petugas yang memasak makanan untuk murid SMA Muda berujar, dia sebenarnya telah membawa isu itu karena terkait dengan kebersihan dan kesehatan makanan. 

Namun, oleh otoritas, dia tetap disarankan untuk memasak di toilet. "Mereka tidak bersedia mendengarkan saya," keluh Shakila. Keluhan yang sama juga disuarakan oleh Brajesh Patel yang bertindak sebagai kepala sekolah di institusi pendidikan Muda itu. Ketika bangunan itu belum selesai, sebenarnya Patel telah mendesak kontraktor untuk segera membangunnya, serta mengadukan masalah itu para seniornya. 


"Namun tidak ada solusi. Untuk pertama kalinya, makan siang disiapkan di dalam toilet," kata Patel. Hakim Sub-divisi (SDM) Hata Narayan Singh mengatakan bakal menerjunkan tim penyelidik ke sekolah itu untuk memastikan isu tersebut, dan bakal mengambil tindakan jika kabar itu benar.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.