Wajah Miring Hingga Sering Kesemutan, Gejala Stroke Yang Sebaiknya Tak Kamu Abaikan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
ilustrasi

Stroke adalah penyakit dimana gumpalan darah masuk ke dalam pembuluh darah di otak. Akibatnya suplai oksigen jadi terganggu dan menyebabkan kerusakan otak, kelumpuhan anggota tubuh, dan bahkan kematian.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Karena stroke termasuk penyakit yang mengerikan dan butuh penanganan medis yang serius, maka kamu perlu mengenali gejalanya sejak dini. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah gejala stroke yang sebaiknya kamu perhatikan sejak awal.

Wajah miring
Salah satu tanda stroke yang paling terlihat adalah setengah wajah jadi lumpuh sehingga terlihat miring. Selain miring, separuh wajah juga mati rasa. Hal ini terjadi karena saraf yang bertugas menyuplai oksigen ke otot-otot wajah rusak.

Tangan sulit bergerak
Gejala lain yang jelas terlihat saat stroke menyerangmu adalah kelemahan di satu sisi tangan. Tangan jadi sulit untuk bergerak dan tidak mampu mengangkat hingga ke kepala.

Sulit bicara

Jika tiba-tiba kamu merasa sulit berbicara, kemungkinan ada gumpalan darah yang menghalangi suplai darah ke bagian otak yang bertanggung jawab atas kemampuan untuk berkomunikasi. Ketika kamu mengalaminya, kamu harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sebab jika tidak segera ditangani, maka kamu bisa kehilangan kemampuan untuk berbicara.

Tubuh lumpuh separuh
Stroke juga biasanya menyebabkan kelumpuhan di beberapa bagian tubuh atau tubuh lumpuh separuh. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, maka pasien berisiko tinggi untuk mengalami cacat permanen.

Muncul sensasi kesemutan
Berada dalam posisi yang sama dalam waktu lama, bisa membuat orang mengalami kesemutan. Namun jika kamu sering mengalaminya tanpa alasan yang jelas, terutama di kaki atau lengan, hal ini menjadi gejala dini dari stroke.

Penglihatan kabur
Stroke juga bisa mengaburkan penglihatan di satu sisi mata. Hal ini terjadi sebagai akibat kurangnya pasukan oksigen ke lobus oksipital otak yang bertanggung jawab untuk mengatur penglihatan.

Pusing
Kamu sering pusing tanpa alasan yang jelas? Bisa jadi itu adalah tanda stroke. Sebab kekurangan oksigen di bagian otak yang menandakan stroke akan membuatmu sering pusing. Seringkali pusing ini berlanjut dengan sakit kepala parah yang bisa membuatmu menangis.

Sulit berjalan
Jika kamu termasuk orang yang aktif dan kemudian sulit untuk berjalan meski di jarak yang pendek, kemungkinan itu adalah gejala awal dari stroke.

Hilang ingatan
Karena stroke menyerang otak, maka kemungkinan besar kamu bisa mengalami hilang ingatan. Sebab bagian otak yang bertanggung jawab untuk menyimpan memori bisa mengalami kerusakan.

Perubahan perilaku
Karena stroke menyerang otak, kamu bisa kehilangan kontrol atas emosi dan gerakan fisikmu. Hasilnya, kamu bisa mengalami perubahan perilaku yang kemudian bisa membuatmu mudah marah, gelisah, atau kebingungan yang tidak normal.

Sulit menelan
Meskipun terkadang kamu tidak menyadarinya, stroke bisa membuatmu mengalami kesulitan menelan. Normalnya, manusia akan menelan sebanyak 600-800 kali dalam waktu 24 jam. Namun stroke bisa menghalangimu untuk melakukan hal tersebut.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Kekakuan otot
Jika suplai oksigen ke otot jadi terganggu karena stroke, kamu bisa mengalami kekakuan otot di satu atau lebih bagian tubuh. Dan hal yang paling terlihat adalah kelumpuhan di separuh tubuh.

Jadi, apakah kamu mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas? Sebaiknya jangan abaikan agar tak jadi penyakit yang menggawat. 

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.