<-->

5 Penyebab Kantung Mata yang Perlu kamu Ketahui

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
ilustrasi

Kantung mata merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menyebabkan seseorang terlihat lebih tua, lelah, dan kusam. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Mulai dari menggunakan eye cream, kompres es batu, hingga operasi. Nah, untuk memastikan kantung mata mendapatkan perawatan yang tepat, kamu sebaiknya mengetahui dahulu apa penyebab kantung mata yang dialami.


Penggunaan Skin Care yang Kurang Tepat

Eye cream merupakan produk skin care yang berfungsi untuk merawat kulit tipis di sekitar mata. Beberapa jenis kandungan efektif yang sering ditemukan pada eye cream adalah retinol, salicylic acid, dan glycolic acid. 3 kandungan tersebut memang ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit di area mata, tetapi juga dapat menyebabkan iritasi, khususnya apabila diaplikasikan pada area yang salah. Pengaplikasian eye cream yang terlalu dekat dengan mata dapat menyebabkan iritasi berupa pembengkakan kantung mata. Selain itu, kebiasaan mengaplikasikan produk dengan cara digosok atau penggunaan cleansing brush yang terlalu dekan dengan mata juga dapat menjadi penyebab terjadinya kantung mata.

Alergi

Ada reaksi alergi tertentu yang menyebabkan pembengkakan pada area sekitar mata. Saat mengalami alergi, tubuh akan merilis senyawa kimia yang menyebabkan area mata menjadi bengkak dan puffy. Zat penyebab alergi ini juga dapat menyebabkan inflamasi pada area bawah mata dan menyebabkan area ini menjadi lebih gelap.

Gaya Hidup yang Kurang Sehat

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab kantung mata yang paling umum dijumpai. Tubuh jadi tidak berhasil mengeluarkan cairan berlebih pada tubuh dan membuat kelebihan cairan ini berkumpul pada jaringan kulit di bawah mata. Selain itu, konsumsi garam yang berlebih juga dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Saat garam dikonsumsi secara berlebih, tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Tubuh mencegah hal tersebut dengan cara mengikat cairan berlebih. Sama dengan yang sudah disebutkan sebelumnya, cairan akan berkumpul pada area bawah mata dan menyebabkan pembengkakan.

Iritasi Akibat Produk Kecantikan
Residu sampo, kondisioner, dan pembersih wajah juga dapat menjadi salah satu penyebab kantung mata. Produk tersebut dapat tertinggal pada lipatan mata akibat tidak terbilas dengan baik, menyebabkan iritasi yang membuat kamu menggosok mata, dan berujung dengan kantung mata. Selain itu, eye-makeup remover dengan kandungan pewangi juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. Pastikan kamu selalu membilas wajah dengan baik dan gunakan produk yang bersifat hypoallergenic.


Pertambahan Usia

Munculnya kantung mata dan dark circle merupakan salah satu ciri dari pertambahan usia. Seiring dengan pertambahan usia, kulit mulai kehilangan kolagen dan jaringan lemak. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan cairan yang terkumpul di area bawah mata semakin jelas.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.