Daun Mengkudu Bisa Dimanfaatkan Untuk Jaga Kualitas Pakan Ternak, Peneliti IPB Membuktikannya

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kualitas fisik pellet dan masa simpan sebuah pellet pakan merupakan hal yang sangat penting dalam usaha peternakan. Dwi M Suci peneliti dari Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan Institut Pertanain Bogor (IPB) menjelaskan bahwa proses penyimpanan dapat menurunkan kualitas dari pellet.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Penurunan kualitas dari pellet yang disimpan dapat disebabkan oleh peningkatan kadar air dan oksidasi lemak pada pellet.

Sementara itu, daun mengkudu dapat dijadikan sebagai suplementasi pakan. Penggunaannya sebagai suplementasi pakan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan itik dan meningkatkan efisiensi pakan.

Daun mengkudu dalam jumlah yang cukup akan menjadi bahan penguat pellet dan berfungsi sebagai kerangka yang akan mempengaruhi die dan roller pada mesin pellet.

“Daun mengkudu merupakan salah satu suplemen pakan alternatif yang mengandung antioksidan di dalamnya. Kandungan antioksidan pada daun mengkudu sebesar 19.08 persen. Penggunaan antioksidan merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya reaksi oksidasi yang disebabkan lemak pada pellet sehingga dapat memperpanjang masa penyimpanan,” ujarnya.

Dwi beserta peneliti lainnya yaitu Akbar, M.R.L, dan I. Wijayanti dari departemen yang sama mencoba mengevaluasi kualitas fisik pellet pakan itik yang menggunakan tepung daun mengkudu serta disimpan selama 6 minggu.

Dari percobaannya, peneliti ini mengungkapkan bahwa penggunaan tepung daun mengkudu 2.5 sampai 7.5 persen tidak menurunkan kualitas fisik pakan pellet pakan itik tetapi dengan adanya penyimpanan sampai 6 minggu menurunkan kualitas fisik pellet pakan itik.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Penyimpanan pakan pellet itik sampai 6 minggu tidak menyebabkan kandungan lemak kasar pakan pellet berkurang akan tetapi dengan adanya penyimpanan tersebut kandungan air dan aktivitas air meningkat dan konsentrasi bilangan peroksida dalam lemak kasar pakan pellet meningkat.

“Baik pakan yang diberi tambahan dengan daun mengkudu atau tidak, masih bisa diberikan kepada itik. Akan tetapi pakan yang diberi tambahan daun mengkudu memiliki tingkat ketengikan yang lebih rendah sehingga itik lebih palatabel (lebih disukai),” ungkap Akbar.

Sumber:tribunnews

No comments

Powered by Blogger.