<-->

Gurih dan lembut, ini lho cara mudah bikin pepes tahu



       Pepes merupakan salah satu jenis makanan yang biasanya disajikan sebagai lauk pauk untuk makan siang atau malam. Panganan khas dari Jawa Barat ini mengolah bahan makanan dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang yang sebelumnya sudah diberi bumbu. Kemudian dibakar atau dikukus hingga matang.



Pada umumnya bahan makanan yang menjadi olahan pepes adalah ikan. Selain ikan, masih banyak bahan makanan lainnya yang bisa diolah menjadi pepes. Mulai dari ayam, jamur, botok, tempe, ikan teri atau tahu.



Terlepas dari bahan makanan yang diguanakan, rasa pepes yang gurih sekaligus segar perpaduan antara rempah-rempah dan daun kemangi ini bikin santapan kamu jadi lebih menggugah selera lho. Tak heran kalau panganan yang satu ini banyak digemari dari berbagai kalangan.

Nah kali ini brilio.net mau ngasih resep dan cara membuat pepes dengan bahan dasar tahu. Yuk intip caranya di bawah ini!

Bahan:
1. 2 siung bawang merah
2. 2 siung bawang putih
3. 1 buah cabe rawit merah 
4. 1 sdt garam
5. 1/2 sdt merica bubuk
6. 1/2 sdt gula pasir 
7. 250 gr tahu putih 
8. 1 batang daun bawang, iris tipis
9. 1 pucuk daun kemangi, iris tipis
10. 1 buah tomat merah, potong dadu kecil
11. Daun pisang secukupnya
12. Tusuk gigi secukupnya


Cara membuat: 

1. Masukkan dan haluskan 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 buah cabe rawit, 1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk, 1/2 sdt gula pasir dengan ulekan. Setelah halus, kemudian sisihkan.

2. Masukkan 250 gr tahu putih dalam wadah, lalu tumbuk dengan ulekan hingga lembut.

3. Tambahkan daun bawang, daun kemangi dan tomat merah lalu campur hingga rata. Kemudian masukkan bumbu yang sudah halus tadi dan campur sampai semua bahan menjadi satu dengan tangan.

4. Siapkan daun pisang yang sudah dipotong lalu masukkan adonan tahu, kemudian lipat dan tutup dengan menggunakan tusuk gigi. Jangan lupa memotong bagian atas daun pisang yang berlebih.

5. Masukkan ke dalam alat pengukus dan kukus selama 10-15 menit.

6. Pepes tahu pun siap dihidangkan. Selamat mencoba!


Sumber : Brilio

No comments

Powered by Blogger.