Mana yang Lebih Cepat Bikin Kurus, Bersepeda atau Berenang?



       Menurunkan berat badan berarti kamu harus ekstra perhatian terhadap kalori yang kamu asup dan kamu buang. Itu berarti, olahraga apapun yang dikombinasikan dengan diet dapat membantumu mewujudkan body goals.



Jumlah kalori yang kamu bakar saat beraktivitas tergantung dari apa yang kamu lakukan, intensitasnya, dan frekuensinya. Bijaklah dalam memilih olahraga yang kamu senangi dan dapat kamu lakukan secara rutin.



Berenang atau bersepeda menjadi pilihan di antara merebaknya minat pada olahraga kardio lain seperti senam atau lari. Dari kedua olahraga ini, kira-kira mana ya yang paling efektif buat memangkas bobot?

Berenang
Berenang adalah olahraga low-impact yang menggunakan seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap dengan berenang dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Berenang baik bagi jantung dan paru-parumu, serta orang-orang yang bermasalah pada sendi. Air menyokong berat tubuh sehingga tidak menekan sendi-sendi di tubuh kita.

Sebagai olahraga yang low-intensity, berenang disebut lebih baik ketimbang bersepeda, karena ada sekitar 750 kalori yang terbakar dalam satu jam sesi berenang.

Meski terlihat melelahkan, namun berenang memberikan tubuh bagian atasmu bentuk yang lebih baik (psst, bisa bikin kencang juga lho!). Selain itu jika dilakukan dengan benar, berenang dapat memberikan sensasi menenangkan dan efek meditasi pada tubuh dan pikiranmu.

Bersepeda
Jika dilakukan dalam kecepatan sedang, bersepeda dapat termasuk olahraga low intensity. Tapi itupun jika sepeda yang kamu gunakan dalam ukuran yang sesuai atau jika kamu bersepeda dengan benar, jika tidak bisa-bisa bikin kamu cedera.

Memasukkan olahraga ini ke dalam rutinitas harianmu sangat mudah, seperti bike to work atau jadi kendaraan sehari-hari. Kamu juga tidak memerlukan waktu tambahan, beda dengan berenang.

Bersepeda dengan intensitas tinggi dapat membantumu membentuk otot betis, paha depan dan pinggul, demikian dilansir dari Times of India. Tak seperti berenang, olahraga ini memberikanmu manfaat lebih pada tubuh bagian bawah, karena kakimu lah yang bekerja keras. 

Seorang pria dengan berat 70-80 kilogram akan membakar sekitar 600 kalori saat bersepeda dengan kecepatan 16-24 km per jam. Jadi, dalam kasus memangkas bobot, berenang lebih unggul karena kalori yang dibakar lebih banyak dengan waktu yang sama.

Kesimpulannya: berenang merupakan olahraga tanpa beban yang mempunyai kekurangan karena tidak mempunyai efek penguat tulang seperti yang dimiliki dari bersepeda. Akan tetapi, keduanya dapat membantumu membentuk otot, meningkatkan kebugaran pernapasan dan kesehatan kardiovaskularmu.

Namun perlu diingat, mau memilih bersepeda atau berenang, sebelumnya kamu harus mengkonsultasikannya pada dokter jika kamu punya masalah kesehatan. Hanya dengan pola makan yang benar sudah berperan besar sekitar 70 persen dalam program penurunan berat badanmu.



Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.