Mbok Cikrak,Wanita Cantik Ini Dikenal di Kalangan TKI di Taiwan



     Siapakah sosok paling kondang saat ini di kalangan buruh migran Indonesia yang bekerja di Taiwan?



Dialah Mbok Cikrak, perempuan cantik dan ramah, konon asal Indramayu, Jabar, yang selalu berpenampilan bak selebriti.



Mbok Cikrak dikenal oleh hampir 250 ribu buruh migran Indonesia yang bekerja di berbagai sektor informal di negeri itu.

Mbok Cikrak yang wajahnya tampak imut menggemaskan ini dulunya juga buruh migran di Taiwan. Namun kerja kerasnya membuahkan hasil manis.

Ia kini sudah jadi bos tiketing, khusus melayani pekerja migran Indonesia yang pulang pergi Taiwan ke tanah airnya.

Tiap hari sosok Mbok Cikrak ini selalu nongol di Bandara Taouyan, mengurus pernak-pernik tiket TKI yang mudik ke kampung halamannya.

Ritus Mbok Cikrak tiap hari adalah memandu setiap TKI sejak pembagian tiket, paspor, dan identitas kependudukan, sebelum mereka check in dan boarding.

Menggunakan logat Banyumasan yang serba nyablak dan medok, Mbok Cikrak tak pernah absen menayangkan ritusnya lewat Facebook Live.

Sehari ia bisa dua tiga kali siaran langsung dari Bandara Taouyuan.

Mbok Cikrap kerap didampingi beberapa asistennya yang berdandan tak kalah dengan bosnya.

Tiap kali siaran langsung via Facebook, ribuan fans memencet tanda jempol, memberi komentar juha aneka pertanyaan seputar urusan tiket dan tetek bengeknya.

Tak hanya aktif memandu TKI yang hendak pulang, Mbok Cikrak tak pernah absen dikerubuti penggemarnya, diajak foto selfi maupun ramai-ramai.

Ketenaran Mbok Cikrak yang nama aslinya belum diketahui ini menarik perhatian media Taiwan. Kemarin, kisah Mbok Cikrak muncul di situs Taisounds.com.


Sayang, isi artikel media online tentang Mbok Cikrak ini susah dipahami karena menggunakan aksara Taiwan.

Namun media online SuaraBMI.com, menuliskan ulang kisah Mbok Cikrak ini, Jumat (4/4/2018). Media ini menyebut nama lain Mbok Cikrak ini Jia Jia.

Ia perempuan beranak dua, yang kini bermukim di Taiwan.

Topi gaya baseball bertuliskan logo New York jadi identitas khas Mbok Cikrak, selain logat Banyumasannya yang kental.

Di fans page Facebook, Mbok Cikrak alias Jia Jia memiliki 213.967 penggemar. Interaksi di fans pagenya sangat tinggi, terutama dari kalangan Buruh Migran Indonesia (BMI).

Jia Jia memiliki group di Bigo yang namanya CGC, kepanjangan Cikrak Gaul Club. Interaksinya dengan penggemar juga sangat tinggi.


"Dalam siaran langsungku setiap hari sebenarnya hampir sama, di vsana kami berbagi kebahagiaan, berbagi pengalaman kerja yang kadang baik dan kadang buruk, bernyanyi, menceritakan kisah lucu, bahkan mengungkapkan kerinduan," kata Jia Jia dikutip SuaraBMI dari Taisounds.com

Setiap pagi, kata Mbok Cikrak, sejak pukul 5, ia akan datang di Bandara Taoyuan Zhongzheng, untuk membantu dalam segala jenis penerbangan bagi para pekerja Indonesia.


Ia menjelaskan bagaimana menghadapi urusan bea cukai, transit di Singapura atau Jakarta, menemukan gerbang keberangkatan, hingga mengurus kelebihan bagasi koper.

Mbok Cikrak juga membantu menjelaskan apa-apa yang boleh dan tidak boleh dibawa dalam penerbangan. Misalnya, penumpang dilarang membawa senter atau kipas mini.

Ia pun selalu mengingatkan siapa yang ingin membeli Suntori alias minuman beralkohol, agar cermat dan tidak membeli lebih dari aturan.

Selain menjalankan bisnis tiketing dan penukaran uang rupiah, Mbok Cikrak ternyata juga punya keahlian sebagai konsultan kecantikan di jaringan Mary Kay.


Kebaikan dan keramahan Mbok Cikrak sudah dikenal luas BMI di Taiwan. Ia tak jarang membantu BMI yang menghadapi kesusahan, dari sekedar memberi konsultasi hingga tindakan pertolongan.

Mbok Cikrak pernah menolong dan membantu pemulangan BMI asal Trenggalek, Jatim, yang menderita sakit kelenjar getah bening di Taiwan.

"Banyak yang ingin kabur saat mendapati bos tidak baik, namun saya selalu menyarankan untuk tidak kabur karena kalau kabur dan tertangkap akan dideportasi dan tak bisa kembali lagi ke Taiwan," pesan Mbok Cikrak.

Nah, apa kehebatan lain sosok cantik feminin ini? Mbok Cikrak ternyata hobi dan piawai menggeber motor trail. Ia getol trabasan di saat senggang.

Foto-fotonya saat berkostum crosser lengkap dengan helm, serta foto saat beraksi, terpajang di lapak Facebooknya.

Akhir April lalu, Mbok Cikrak memajang fotonya bareng Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR yang berkunjung ke Taiwan. Mereka bertemu di bandara.

Foto ini memantik kritik pedas dari kalangan BMI. Mereka menyesalkan Mbok Cikrak berfoto bersama tokoh yang pernah menghina BMI.

Foto lain juga ada saat Mbok Cikrak selfie bareng Ariel Noah. Juga ada foto sekilas ustaz Abdul Somad di belakang Mbok Cikrak.

Tribunjogja.com belum berhasil mendapatkan komentar dan tanggapan langsung dari Mbok Cikrak.

Jumat pagi ini, ia tampak memandu serombongan BMI yang hendak pulang kampung naik maskapai China Airlines.



Sumber :

No comments

Powered by Blogger.