<-->

Minggu Pagi Kok Mager? Catat, Ini Untungnya Mengisi Libur dengan Olahraga



      Fisik ini dituntut untuk selalu bergerak atau olahraga. Karena gerak itu akan memampukan semua organ tubuh kita untuk bekerja lebih baik. Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr June Luhulima, orang yang sering berolahraga akan memiliki perbedaan fungsi organ tubuhnya dengan yang tidak berolahraga.

"Kalau orang yang berolahraga akan kekurangan oksigen, jadi paru dan jantungnya akan bekerja lebih giat dan pembuluh darah akan melebar. Organ-organ yang melakukan adaptasi ini akan memiliki fungsi yang lebih tinggi dari pada orang yang tidak berolahraga", ujar dr June, ditemui di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (12/5/2018).



Beberapa penyakit yang akan timbul akibat kurangnya berolahraga seperti gangguan pada paru, jantung, sistem saraf dan tentunya beberapa penyakit akan menyebar dalam tubuh.

Menurut dokter yang juga seorang penyelam tersebut, perbanyak gerak sangat baik dianjurkan bagi pengidap diabetes. Pada umumnya, pengidap diabetes ini tidak akan merasakan sakit pada tubuhnya, karena pada dasarnya diabetes itu tidak menimbulkan nyeri.

"Berbeda dengan sakit maag. Orang yang sakit maag akan terasa nyeri pada perutnya. Tetapi tidak bagi penderita diabetes yang terjadi di dalam darah, dia tidak sadar bahwa sebenarnya tubuhnya sedang sakit," lanjut dokter yang mendalami fisiologi tersebut.

Tak hanya untuk mencegah penyakit, perbanyak bergerak juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti bipolar hingga kanker.

Bergerak itu tidak selalu berolahraga. Hal kecil seperti memarkir kendaraan jauh dari pintu masuk, bermain dengan anak atau hewan peliharaan, berkebun, atau melakukan aktivitas pekerjaan rumah tangga juga termasuk bergerak. 


Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.