<-->

Rekannya Nyaris Terlempar, Pilot Maskapai Ini Mampu Mendarat Darurat

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Seorang pilot sebuah maskapai di China menuai pujian setelah berhasil melakukan pendaratan darurat pada Senin (14/5/2018) waktu setempat. Pendaratan darurat itu terpaksa dilakukan setelah salah satu kaca kokpit rusak, dan nyaris membuat kopilotnya terlempar. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Liu Chuanjian bercerita, kaca sebelah kanan kokpit pecah ketika pesawat Airbus A319 milik Sichuan Airlines berada di ketinggian 32.000 kaki. "Tiba-tiba terdengar suara memekakkan telinga. Ketika saya melhat asal suaranya, setengah tubuh kopilot saya sudah berada di luar pesawat," kata Liu.

Untungnya, seperti dilansir Chengdu Business Daily via Sky News, sabuk pengaman berhasil menjaga sang kopilot dengan baik. Liu melanjutkan, akibat kaca kokpit yang terlepas itu, pesawat berguncang sangat keras. 

Dia hampir tidak bisa membaca panel instrumennya. Liu, yang pernah menjadi instruktur penerbangan di Angkatan Udara China berkata, dia berusaha memikirkan hal lain. "Yang saya perlu lakukan hanya berusaha mengendalikan pesawat, dan mendarat dengan mantap," katanya dilansir dari Sichuan Television. 

Pesawat yang hendak menuju Chongqing dari Lhasa di Tibet itu melakukan pendaratan darurat di kota Chengdu yang terletak di Provinsi Sichuan. Seluruh penumpang yang berjumlah 128 selamat. Adapun kopilot mengalami luka di bagian wajah dan cedera di punggungnya. 

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Aksi Liu kemudian didiskusikan oleh para netizen di media sosial China, Weibo, dengan judul forum "Kapten Pahlawanku". "Ini merupakan keajaiban di dunia penerbangan China, sekaligus menunjukkan ketenangan yang diperlihatkan mantan instruktur terbang," ujar seorang warganet. 

Direktur Keselamatan Badan Penerbangan Sipil China, Tang Weibin berujar, kaca kokpit tersebut berada dalam kondisi sempurna. " Kaca itu sebelumnya tidak pernah dilaporkan mengalami kerusakan. Atau laporan yang menyatakan harus dilakukan perawatan," ujar Tang.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.