5 Resep Perawatan Mudah dan Murah Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Kulit berminyak ditandai dengan kondisi kulit wajah yang mudah mengilap dan lengket. Penyebab utama kulit berminyak adalah faktor genetik masing-masing individu. Selain itu kulit berminyak juga dipengaruhi oleh hormon, khususnya bagi perempuan. Kulit jenis ini cenderung membutuhkan perawatan ekstra, untuk itu lebih rentan munculnya jerawat karena penumpukan kotoran.

Tapi kabar baiknya, perempuan yang memiliki kulit berminyak lebih sedikit memunculkan keriput, lho, sehingga membuatmu terlihat lebih muda. Nggak heran kan kalau cewek-cewek Korea lebih suka memakai makeup atau perawatan kulit yang sangat lembab? Karena kulit berminyak menandakan kulitmu terhidrasi dengan baik.

Bagi sebagian orang memiliki kulit berminyak memang terasa tidak nyaman. Hal ini tentu membuat siapa pun menjadi tidak pede kalau memakai makeup atau harus berlama-lama di luar ruangan. Namun jangan mengeluh lama-lama, kulit berminyak sebenarnya mudah diatasi dengan berbagai perawatan mudah. Tak hanya mudah, berbagai perawatan ini juga terbilang murah. Apa saja perawatannya? Simak yang berikut.

Cuci Muka dengan Sabun yang Tepat
Merawat kulit berminyak yang paling dasar adalah mencuci muka dengan benar. Selain menggunakan sabun yang tepat, gunakanlah air hangat karena dapat mengangkat minyak lebih baik dibandingkan air dingin.

Pilihlah sabun cuci muka khusus muka berminyak dan berjerawat dengan kandungan oil-free. Kamu bisa mencoba sabun yang mengandung formula benzoil peroksida atau triclosan yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Karena wajah berminyak rentan menimbun kotoran, cucilah mukamu sampai bersih dengan memijit-mijitnya selama 3 menit. Kemudian bilas hingga tidak ada sabun yang tersisa.

Gunakan Toner Wajah Tanpa Alkohol
Salah satu masalah kulit berminyak adalah pori-pori yang lebar sehingga memicu produksi sebum wajah lebih tinggi. Pori-pori besar ini dapat diatasi dengan toner wajah yang tepat tanpa mengandung alkohol.

Hindari menggunakan toner wajah oil-based karena malah membuat wajahmu semakin berminyak.  Gunakan toner dengan kandungan dasar air dan formula lain yang dapat menyeimbangkan pH dan mengecilkan pori-pori, seperti zinc gluconate atau salicylic acid. Bagi kamu yang suka bahan-bahan alami bisa mencoba toner wajah dengan ekstrak lemon atau jeruk nipis.

Jangan Lupakan Pelembab
Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembab? Justru apapun jenis kulitnya, pelembab jangan dilupakan. Kulit yang terhidrasi dengan baik menandakan kulit yang sehat, serta menjaga kulitmu agar tetap kenyal, awet muda, dan mencegah keriput.

Gunakan pelembab oil-free khusus kulit berminyak yang dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko. Kamu juga bisa memilih kandungan water-based moisturizer sehingga tidak memicu kelebihan sebum saat memakainya.

Gunakan Masker Secara Rutin
Masker adalah perawatan wajah yang nggak boleh ketinggalan, terutama bagi kamu yang punya kulit berminyak. Pilihlah masker yang mengandung lemon dan mint yang ampuh menyerap minyak berlebih di mukamu. Kandungan mint-nya terbukti dapat menenangkan kulit yang sedang meradang akibat jerawat dan bakteri, sedangkan ekstrak lemon berfungsi untuk menyerap sebum kulit.

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore


Rajin Menggunakan Blotting Paper
Kulit berminyak memang sangat mengganggu apabila kamu memakai makeup atau beraktifitas seharian. Untuk mengatasinya, selalu sedia blotting paper atau kertas minyak yang dapat menyerap kelebihan minyak dan kilap secara instan. Blotting paper ini adalah penyelamat utama kamu untuk tetap tampil on-fleek!

Selamat mencoba!

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.