<-->

8 Gejala Premenopause yang Perlu Diketahui Setiap Wanita Dewasa

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Menopause adalah masa berakhirnya siklus menstruasi. Setiap wanita dalam proses penuaan akan mengalaminya. Tapi kita nggak harus menunggu sampai tua dulu untuk mengetahui gejala-gejalanya.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ada beberapa gejala premenopause yang penting untuk diketahui. Dengan memahami gejala-gejala ini setidaknya kita nantinya tidak akan gampang cemas bila mengalaminya. Berikut 8 gejala premenopause yang perlu diketahui oleh setiap wanita seperti yang dilansir dari brightside.me.

1. Tumbuhnya bulu halus di wajah
Ketika rambut di kepala makin menipis, bulu-bulu halus malah bermunculan di wajah, seperti di pipi, atas mulut, dan dagu. Hal ini bisa terjadi karena ada perubahan kadar atau rasio androgen dan estrogen di tubuh.

2. Bau badan tak sedap
Menurunnya kadar estrogen bisa membuat kelenjar hipotalamus menangkap sinyal kalau suhu tubuh terlalu panas. Sehingga membuat tubuh jadi lebih banyak berkeringat untuk menstabilkan suhu. Akibatnya bisa membuat bau badan jadi tak sedap.

3. Menurunnya kepadatan tulang
Risiko osteoporosis atau penipisan tulang jadi meningkat seiring dengan menurunnya kadar estrogen dalam tubuh. Kepadatan tulang yang menurun bisa jadi salah satu tanda premenopause.

4. Makin sering susah menahan buang air kecil
Otot-otot pelvic floor yang melemah ditambah dengan menipisnya lapisan uretra akibat menurunnya kadar estrogen juga bisa menyebabkan stress urinary incontinence (SUI). Sehingga jadi sulit mengontrol buang air kecil.

5. Makin pelupa
Perubahan hormon saat premenopause bisa menyebabkan stres dan gangguan tidur. Hal ini bisa membuat daya konsentrasi menurun dan jadi gampang pelupa.

6. Insomnia
Progesteron adalah hormon yang berperan penting untuk menenangkan tubuh. Jadi ketika kadar progesteron ini menurun dalam tubuh, efeknya bisa membuat kita jadi gampang cemas sehingga mengakibatkan kita mengalami gangguan tidur.

7. Mengalami alergi baru
Hormon tubuh dan sistem imun kita saling mempengaruhi. Saat seorang wanita mengalami gejala premenopause, ia bisa lebih rentan mengalami alergi dan bahkan menderita alergi baru.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

8. Penurunan daya penglihatan
Hormon mengatur berbagai fungsi tubuh yang bisa mempengaruhi mata dan daya penglihatan. Penurunan kadar hormon pada tubuh wanita selama premenopause bisa menyebabkan perubahan daya penglihatan dan pada sejumlah kasus bisa menyebabkan rabun jauh atau rabun dekat.

Itu tadi sejumlah gejala premenopause yang perlu kamu ketahui. Semoga infonya bermanfaat ya ladies. Dan bila nanti kamu mengalaminya, tidak akan gampang panik lagi.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.