<-->

H-3 Lebaran, Kiriman Uang TKI ke Cianjur Capai Rp10 Miliar per Hari



Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, kiriman uang dari luar negeri ke Cianjur, Jawa Barat (Jabar) melalui kantor pos Cianjur, terus meningkat. Kantor pos bisa mencairkan dana hingga Rp10 miliar dengan rata-rata 2.000 transaksi per hari. 


Kepala Kantor Pos Cianjur, Dody Frisenaldy mengatakan rata-rata pengiriman uang berasal dari Tenaga Kerja Indonesia di wilayah Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Dubai, Oman, Mesir, dan Qatar. Tren pengiriman uang dari luar negeri ini selalu terjadi setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga saat Lebaran. 

“Ada kenaikan 10 persen dari tahun kemarin. Kami membuka loket hingga pukul 22.00 WIB untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Kami tetap membuka enam outlet selama hari libur dan Minggu sampai pukul 14.00 WIB,” kata Dody, Selasa (12/6/2018). 

Dia menjelaskan enam outlet yang dibuka yakni KPRK , Cianjur Muka, Pamoyanan, Sindanglaya, Ciranjang dan Cibeber. Menurutnya kantor pos di Cianjur hanya akan libur pada saat Hari Raya Idul Fitri. 

“Bahkan dalam beberapa hari terakhir, kiriman uang yang sudah dicairkan di kantor pos cianjur mencapai Rp60 miliar,” ujarnya. 



Salah satu warga yang mengambil uang di kantor pos mengatakan, keluarganya sudah lama bekerja di luar negeri. Hampir setiap bulan mengambil uang namun saat mendekati lebaran biasanya pengiriman uang dari Arab Saudi lebih banyak untuk kebutuhan Lebaran.

“Anak saya di Arab, biasanya tiap bulan sama ambil tapi mau Lebaran kebutuhan banyak. Ini juga banyak warga yang antre buat ambil uang kiriman dari anak atau istrinya,” ujar Ai Kartini.


Sumber:inews 

No comments

Powered by Blogger.