<-->

Ini Ragam Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan




       Jintan hitam yang juga dikenal dengan sebutan habbatussauda, black seed, atau nigella sativa memang memiliki banyak manfaat. Maka tak heran jika jintan hitam sering digunakan sebagai tanaman obat atau herbal oleh banyak masyarakat di dunia.



Dilansir dari Healthline, jintan hitam bisa mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi risiko kolesterol dan asma, hingga menghilangkan rasa sakit dan kram pada perut. Bahkan jintan hitam disebut sebagai herbal yang bisa menyembuhkan penyakit apa saja.



Seperti dikutip dari NDTV, jintam hitam mengandung vitamin, asam amino, saponin, minyak atsiri, protein, asam limonelat, kalsium, natrium, kalium, dan masih banyak lagi yang memberikan ragam manfaat. Bahkan biji yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini memiliki sifat anti-karsinogenik. Kandungan saponin pada jintan hitam berguna untuk untuk menangkal racun pada tubuh dan darah. Sehingga bisa menjaga sistem kerja dan fungsi organ tubuh.

Sementara itu, kandungan asam linolenat mampu merangsal sel pada syaraf otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat memori dan membantu agar bisa lebih berkonsentrasi.

Jintan hitam juga mengandung minyak atsiri yang bisa memperbaiki gangguan sistem pencernaan. Maka tak heran jika ekstrak jintan hitam sering digunakan ketika sakit perut untuk mengurangi gas dalam perut serta meredakan rasa kembung.

Seperti halnya ekstrak jinten hitam yang terkandung dalam H2 Zativa untuk membantu memelihara kesehatan dan fungsi pencernaan. Dengan cara kerja menghilangkan kembung, melindungi lambung, dan menghambat bakteri.


Sumber :

No comments

Powered by Blogger.