Manfaat Bayam untuk Kecantikan




      Jika mendengar nama bayam, rasanya sulit untuk tidak teringat kartun Popeye yang sempet disiarkan beberapa tahun silam, ya Pada kartun tersebut, Popeye selalu mengonsumsi bayam untuk meningkatkan kekuatan dan otot-ototnya dalam waktu singkat. Jika hal tersebut menjadi manfaat bayam pada kartun, tahukah kamu apakah manfaat bayam yang sebenar-benarnya? Ternyata, selain memiliki rasa yang lezat dan asupan nutrisi untuk tubuh yang sehat, bayam juga menyimpan manfaat untuk kecantikan, lho! Penasaran? Yuk, lihat di bawah!



1. Membantu Mengurangi Jerawat

Sudah pernah membaca mengenai 5 vitamin yang penting untuk kulit berjerawat? Nah, 4 di antaranya, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E bisa kamu dapatkan dari bayam! Vitamin A akan membantu meredakan inflamasi pada jerawat. Sedangkan vitamin B dapat memperbaiki kulit yang rusak akibat bekas jerawat. Vitamin C bekerja memberi perlindungan kulit dari penyebab jerawat, yaitu radikal bebas, dengan kandungan anti-oksidannya yang tinggi. Terakhir, vitamin E akan membantu mencegah penyebaran bakteri serta memastikan vitamin A bekerja dengan baik pada kulit. Lengkap sekali, ya!



2. Dapat Menjadi Sunscreen Alami

Salah satu kandungan utama dalam physical sunscreen yang mampu bekerja menangkal sekaligus menyerap sinar UV menjadi panas adalah zinc. Lagi-lagi, kandungan yang kaya akan manfaat ini terkandung di dalam bayam. Dengan memberi perlindungan tambahan dari sinar matahari, secara tidak langsung bayam juga akan membantu memperlambat tkamu-tkamu penuaan dan kanker kulit. Psst! Tidak hanya itu saja, zinc juga memiliki manfaat tambahan untuk meredakan peradangan dan mencegah jerawat, lho!

3. Membantu Menangkal Radikal Bebas

Memiliki kekhawatiran akan munculnya tkamu-tkamu penuaan pada wajah kamu? Pelaku utama munculnya tkamu-tkamu penuaan pada wajah adalah radikal bebas yang mungkin tanpa kamu sadari telah kamu temui setiap harinya, seperti pada sinar UV, polusi, maupun asap rokok. Untuk melawan radikal bebas, dibutuhkan kandungan anti-oksidan yang tinggi. Nah, salah satu sumber anti-oksidan tinggi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah bayam. Baik dikonsumsi secara langsung, maupun diolah dalam bentuk perawatan kulit seperti masker, bayam dapat memberi perlindungan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya tkamu-tanda penuaan.

4. Mencerahkan Kulit

Kaya akan kandungan vitamin K dan asam folat, bayam juga memiliki khasiat yang efektif untuk membantu menjaga kelembapan, mencerahkan, dan meratakan warna kulit. Kedua kandungan ini, dikombinasikan dengan vitamin A yang juga mampu meningkatkan kondisi warna kulit serta vitamin C yang mampu mencerakan kulit, membuat bayam menjadi pilihan bahan alami yang tepat jika kulit kusam, warna kulit yang tidak merata, atau lingkaran hitam adalah permasalahan kamu.

5. Mengurangi Rambut Rontok dan Menebalkan Rambut

Untuk menutrisi dan meningkatkan kesehatan rambut, iron alias zat besi menjadi kandungan yang paling dijagokan. Alasannya, kandungan ini dapat bekerja memperkuat folikel sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut dengan cara mengakselerasi distribusi oksigen dari darah ke rambut. Karena rambut kamu menjadi lebih kuat, tentunya manfaat dari bayam ini akan sekaligus membantu mengurangi terjadinya rambut rontok. Selain itu, iron juga asupan untuk penderita anemia atau darah rendah yang kerap disebut sebagai penyebab rambut rontok. Saking kayanya akan manfaat untuk rambut, bayam juga dijadikan kandungan utama beberapa sampo termasuk sampo buatan lokal, lho!


Sumber : Vemale

No comments

Powered by Blogger.