Pemuda Kristen GKJ Jaga Keamanan Salat Id di Purbalingga

Ribuan warga salat Id
Toleransi beragama, mewarnai perayaan Idul Fitri di Purbalingga. Kelompok pemuda dari Komisi Pemuda Gereja Kristen Jawa (GKJ) Pengalusan, Kabupaten Purbalingga membantu penjagaan masjid demi kelancaran ibadah salat Id, Jumat 15 Juni 2018.

Kelompok pemuda GKJ membantu penjagaan di tiga masjid yakni Masjid Al Hikmah, Faturrohman dan Nurul Huda yang kesemuanya terletak di Desa Serang, Kecamatan Karangreja. Mereka dibagi dalam 3 kelompok, masing-masing 8-10 pemuda. Para pemuda tersebut berjaga-jaga di sekitar masjid sejak pukul 05.30 WIB.


Toleransi di Purbalingga, Pemuda Kristen Amankan Masjid Kala Banser Salat Idul Fitri

"Tadinya ada Banser juga yang ikut mengamankan. Namun para Banser juga hendak menunaikan Salat Id, akhirnya untuk pengamanan diambil alih semua oleh para pemuda dari GKJ Pengalusan. Puji Tuhan, semuanya berjalan aman dan lancar," ujat Bagus Imam Cahyono, pendeta dari GKJ Pengalusan.

Bagus mengatakan, pengamanan khusus dilakukan di masjid Nurulhuda yang berada dekat tikungan tajam. Pasalnya, di daerah tersebut sangat rawan kecelakaan. Sementara di jembatan dekat tikungan tajam itu, kurang lebih satu tahun lalu pada Jumat 30 Juni 2017 pernah terjadi kecelakaan. Saat itu truk yang mengangkut 34 penumpang terguling.

"Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lagi, maka pengamanan di dekat Masjid Nurul Huda kami khususkan, terutama lalu lalang kendaraan, " ujarnya.

Para pemuda GKJ Pengalusan yang ikut mengamankan Salat Id di tiga masjid itu, juga diperbantukan di Posko Lebaran di Desa Serang. Mereka dibagi piket, bergiliran sejak beberapa hari lalu.

"Selama ini, kami selalu hidup rukun dengan semua warga di sini, berdampingan, saling hormat menghormati, dan menjaga toleransi," tandas Bagus.







Sumber : LIPUTAN 6

No comments

Powered by Blogger.