Robot bawah laut dikirim untuk mencari perahu yang tenggelam di Danau Toba


Badan SAR Nasional (BNPP) telah menempatkan robot bawah air untuk membantu menemukan perahu yang terbalik di Danau Toba pada Senin sore.

"Kami akan menggunakan robot bawah air untuk menemukan kapal dan korban," kata Kepala BNPP Tanjung Pinang Budi Cahyadi kepada The Jakarta Post pada hari Selasa.

Budi, bersama dengan timnya yang beranggotakan empat orang, berangkat ke Danau Toba untuk bergabung dengan upaya pencarian dan penyelamatan. Mereka dijadwalkan tiba di Danau Toba pada hari Rabu pukul 3 pagi.

Menurut Budi, robot dilengkapi dengan kamera dan dikendalikan dari jarak jauh untuk menemukan objek bawah laut.

"Begitu kami berhasil menemukan perahu itu, kami akan memutuskan upaya apa yang diperlukan untuk mengevakuasi para korban," kata Budi.

Selain dari BNPP Tanjung Pinang, tim BNPP lain dari daerah sekitarnya akan mengambil bagian dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

Setidaknya satu orang tewas dan puluhan hilang setelah feri membawa 80 orang, termasuk puluhan wisatawan, terbalik pada hari Senin. Pihak berwenang telah mengerahkan kapal penyelamat ke tempat kejadian, tetapi cuaca buruk menghentikan operasi di malam hari.








Sumber : Jakarta post

No comments

Powered by Blogger.