Usia Menstruasi Pertama Bisa Prediksi Kondisi Kesehatan, Benarkah?



      Ada banyak cara mengetahui kondisi kesehatan tubuh, bukan hanya cek kesehatan secara laboratorium, tapi juga dengan berbagai kejadian yang terjadi di dalam hidup, salah satunya adalah dari usia pertama kali mengalami haid atau menstruasi.



Dilansir dari Boldsky, Jumat (6/10/2017), sebuah penelitian mengungkapkan bahwa usia pertama kali menstruasi seorang wanita bisa menjadi cara memprediksi kondisi kesehatan secara umum. Apa saja yang bisa ditunjukkan usia menstruasi pertama?



1. Masa remaja yang masih labil

Penelitian menunjukkan bahwa ternyata tingkat perhatian, dukungan, kepekaan dan keamanan orangtua yang lebih rendah dapat mempengaruhi kondisi anak dan dampak negatifnya adalah menyebabkan haid lebih awal.

2. Menunjukkan risiko penyakit jantung

Menstruasi dini atau justru terlambat ternyata bisa memprediksi kondisi kesehatan di masa depan mengenai potensi penyakit jantung. Bagi wanita yang terjadi di luar jarak usia normal, ini menunjukkan kemungkinan risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung.

3. Kaitan dengan kanker payudara

Wanita yang mengalami menstruasi sebelum usia 12 tahun, atau menstruasi dini, ternyata punya risiko lebih besar terhadap kanker payudara. Sebaiknya melakukan pemeriksaan berkala untuk mendeteksi dan mencegah kanker payudara.

4. Potensi hidup panjang umur

Wanit yang mengalami haid pertama setelah usia 12 tahun (menstruasi usia normal) diketahui memiliki masa hidup lebih panjang atau panjang umur, dibandingkan wanita yang menstruasi dini atau haid sebelum usia tersebut.

5. Menentukan usia menopause

Menstruasi pertama kali juga bisa memprediksi usia menopause. Menurut penelitian, menstruasi sebelum usia 12 tahun memiliki kecenderungan menopause pada usia 40 hingga 44 tahun. Sedangkan usia menstruasi normal bisa lebih tua lagi, 50 tahun ke atas.

Nah, kira-kira kamu masih ingat umur berapa kamu pertama kali mengalami menstruasi? Cek sendiri kesehatan kamu ya ladies!

Sumber : Vemale

No comments

Powered by Blogger.