5 Kebiasaan yang Dapat Memperparah Kulit Berjerawat!

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sudah berusaha menangani jerawat dengan baik, tetapi jerawat kok justru semakin parah ya? Padahal selain menggunakan produk perawatan, kamu juga sudah berusaha menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan jerawat. Nah, coba ingat-ingat lagi. Tanpa sadar, mungkin kamu sering melakukan beberapa kebiasaan yang dapat memperparah kulit berjerawat. Apa saja ya?



Bergonta-ganti Acne Treatment

Sudah menggunakan produk perawatan untuk jerawat, tapi jerawat tak kunjung hilang? Eits, jangan buru-buru mengganti produk yang kamu gunakan, ya! Bergonta-ganti obat jerawat baru setiap minggunya, justru dapat membuat kulit iritasi yang berujung dengan terjadinya breakout. Cobalah untuk lebih bersabar dalam menggunakan produk perawatan kulit berjerawat. Beri waktu setidaknya 6 hingga 8 minggu untuk mengamati perubahan yang terjadi pada kulit. Jika sudah selama itu, tetapi masih tidak ada perubahan sama sekali pada kulit, barulah kamu bisa mencoba produk lainnya atau langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Minyak, kotoran, dan debu pada wajah merupakan beberapa hal yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan kulit berjerawat. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan wajah. Salah satunya adalah dengan rajin mencuci wajah. Meskipun penting, bukan berarti hal ini perlu dilakukan secara berlebihan, ya! Terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi dan breakout. Cukup lakukan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan malam hari, serta sehabis kamu melakukan kegiatan yang membuat berkeringat.

Saling Pinjam Makeup atau Tools
Gemar saling pinjam produk dan kuas makeup dengan teman kamu? Hati-hati, hal ini dapat memperparah kulit berjerawat, lho! Sebenarnya, jerawat tidak memiliki sifat menular. Namun, makeup, kuas, dan aplikator makeup dapat membuat bakteri penyebab jerawat, sebum, serta sel kulit mati berpindah dari produk ke wajah kamu. Akibatnya, hal-hal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan berujung dengan terjadinya breakout.

Menyeka Keringat dengan Tangan
Keringat, baik itu karena berolahraga ataupun karena cuaca yang panas, dapat menimbulkan rasa lengket dan kurang nyaman pada kulit. Apalagi jika berkeringat di area hairline dan wajah, rasanya ingin segera dikeringkan saja. Nah, saat ingin mengeringkan wajah yang berkeringat, perhatikan cara-caranya, ya! Misalnya, gunakan handuk atau tissue bersih, lalu pastikan untuk mengeringkan perlahan dengan cara ditepuk-tepuk. Hindari untuk menyeka menggunakan tangan karena hal ini akan membuat keringat tersebar di permukaan wajah. Belum lagi bila tangan kamu tidak berada pada kondisi yang bersih, bisa-bisa akan membuat wajah semakin kotor dan semakin berjerawat.

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore


Melakukan Eksfoliasi dengan Scrub
Pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati merupakan salah satu penyebab terjadinya jerawat. Maka dari itu, rutin melakukan eksfoliasi dapat menjadi langkah untuk mencegah terjadinya jerawat. Namun, jika kulit sudah terlanjur berjerawat, eksfoliasi justru dapat memperparah kulit berjerawat. Apalagi bila dilakukan menggunakan eksfoliator berbentuk scrub. Bukannya menyembuhkan, hal ini justru dapat membuat jerawat menjadi makin parah.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.