5 Tanda Bahwa Kulit Kamu Sehat

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Merawat kulit saat ini sudah seperti gaya hidup. Banyak wanita kini berinvestasi dengan membeli beragam produk skin care maupun rutin menjalani treatment di klinik kecantikan. Jika kamu selama ini sudah merasa rutin merawat kulit, sudah pernah cek belum, apakah kulit sudah sehat? Ada 5 tanda kulit sehat yang bisa jadi acuan kamu di bawah ini. Yuk, luangkan waktu untuk melakukan cek singkat, dan jika ada yang belum kamu miliki, beri fokus dan perhatian lebih untuk concern tersebut.



1. Memiliki Tingkat Hidrasi yang Baik

Salah satu tanda kamu memiliki kulit yang sehat adalah jika tingkat hidrasi (kelembapan) pada kulit terjaga dengan baik. Tanda nya adalah kulit tidak terasa kering ataupun berminyak. Jika kulit kamu terhidrasi dengan baik, maka tingkat elastisitas (kekenyalan) kulit pun akan tinggi. Salah satu cara untuk menjaga kulit agar tetap lembap atau terhidrasi adalah selalu menggunakan moisturizer (pelembap) di pagi dan malam hari di kulit yang bersih, serta rajin meminum air putih minimal 8 gelas per hari, dan perbanyak memakan sayuran dan buah-buahan.

2. Warnanya Merata

Masih ada sebagian orang yang berpikir bahwa kulit “putih” adalah kulit yang sehat. Padahal warna kulit wanita banyak sekali ragamnya, dan semua warna kulit, mulai dari yang paling terang hingga gelap sekalipun, tergolong sehat jika warnanya merata. Jika masih ada hiperpigmentasi atau ada area wajah yang terlalu kemerahan, itu tanda kamu butuh perhatian ekstra untuk mengatasi uneven skin tone ini. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen untuk mencegah sun spots pada wajah kamu, dan pilih skin care yang memiliki kandungan seperti vitamin C dan glycolic acid yang dapat menghambat produksi melanin.

3. Tampak Segar dan Bercahaya
Jika kulit kamu sehat maka kulit kamu akan nampak bercahaya alami atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah glowing skin. Namun, kondisi kulit ini bukan berasal dari produksi minyak berlebih pada wajah ya, melainkan karena kulit kamu memiliki kadar kelembapan yang seimbang dan jauh dari kondisi kusam. Salah satu cara untuk mendapatkan kulit cerah, segar, dan bercahaya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit minimal sekali seminggu. Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit kamu menjadi nampak kusam dan tidak bercahaya.

4. Tekstur yang Halus dan Lembut
Tanda kulit sehat lainnya adalah tekstur kulit yang halus dan lembut, di mana kulit tidak bersisik, tidak bertekstur kasar, dan memiliki kelembaban yang cukup. Mirip dengan poin sebelumnya, di sini eksfoliasi memegang peranan penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan rutin eksfoliasi, kulit sudah bersih dan bisa menyerap beragam manfaat dari produk skin care yang digunakan setelahnya. kamu bisa menggunakan skin care yang mengandung AHA karena bekerja di permukaan kulit sekaligus menjaga kelembapannya sehingga tekstur kulit bisa lebih halus dan lembut.




5. Bebas Masalah Kulit
Tanda yang terakhir jika kamu memiliki kulit yang sehat adalah jika kulit terbebas dari masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, komedo, flek, hiperpigmentasi. Masalah kulit bisa terjadi karena dua faktor yaitu faktor dari lingkungan seperti, polusi, sinar matahari (UVA dan UVB), serta faktor dari dalam seperti hormon yang tidak seimbang dan asupan makanan dan minuman yang kurang baik. Untuk menghindari berbagai permasalahan kulit tentunya kamu perlu rajin melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit yang sedang dihadapi, serta menerapkan pola hidup seimbang.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.