Bikin Produk Buat 'Ant-Man', Wanita Ini Raup Omzet Ratusan Juta

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Berawal dari iseng, wanita asal Bandung kini memperoleh omzet ratusan juta dalam sebulan. Wanita bernama lengkap Marissa Haryati menjual produk-produk miniatur keperluan sehari-hari seperti kemasan makanan, obat pembasmi nyamuk, hingga tabung elpiji 3 kg. Miniatur itu dibuat menjadi aksesoris tempelan kulkas, gantungan kunci, dan anting.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Marissa atau disapa Icha mengatakan, berjualan produk ini karena terinspirasi melihat produk-produk sejenis dari luar negeri. Dia memulai usaha ini pada tahun 2013. Adapun nama usahanya bernama Ini Kreasi.

"Saya mulai Juli 2013. Awal karena iseng melihat produk dari Thailand, Jepang, miniatur barang lucu-lucu seperti kulkas, mini meja makan dan lain-lain. Saya iseng bikin miniatur produk Indonesia yang biasa dikonsumsi sehari-hari," kata dia saat dihubungi detikFinance, Minggu (24/6/2018).

Dalam memulai usaha, Icha dibantu suami. Proses usaha dikerjakan secara mandiri dari desain, pembuatan, hingga penjualan.

Icha mengatakan, untuk memulai usahanya modal yang dikucurkan sekitar Rp 5 juta. Modal itu di antaranya digunakan untuk membeli printer hingga mesin laminasi.



"Paling awal beli printer dan mesin laminasi sekitar Rp 5 juta, kalau laptop sudah punya," ujarnya.

Untuk membuat produknya, kata dia, desain dibuat terlebih dahulu. Desain produk dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Setelah itu, produk dibuat sesuai kebutuhan.

Icha melanjutkan, untuk memasarkan produk ini pertama dia menjualnya ke kerabat terdekat. Lalu produk itu dipasarkan melalui pameran-pameran hingga toko online.

"Awal jual ke kerabat, terus nyoba pameran. Terus saya buka toko di PVJ Bandung dengan nama toko Minie Craft. 2016 saya buka toko lagi dengan nama Ini Kreasi. Saya jual online dua-duanya juga," ungkapnya.

Harga produk yang Icha jual variatif. Mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 35 ribu untuk magnet kulkas dan gantungan kunci. Untuk anting dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

Awal membangun usaha Icha mengaku mampu menjual 3 ribu item dalam sebulan. Sekarang dia bisa menjual 18 ribu item per bulan. Produk tersebut dibeli oleh konsumen yang ada di Bandung hingga luar Jawa seperti Bali, Palembang, dan Sulawesi. Bukan hanya itu, produk ini juga menjamah luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusallam.

Usaha Icha terus berkembang. Dari yang hanya dia garap dengan suaminya, kini telah membuka lapangan usaha untuk 22 orang. Icha mengaku, penjualannya saat ini sudah di atas Rp 100 juta. Meski, dia enggan membeberkan laba dari usahanya tersebut.

"(Saat) awal omzet sekitar Rp 25 juta, sekarang bisa di atas Rp 100 juta (per bulan)," ujarnya.

Untuk membeli produknya, calon konsumen bisa menghubungi Ini Kreasi di Instagram @ini.kreasi, Line inikreasi, Tokopedia inikreasi, dan Shopee ini.kreasi.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Perihal persaingan usaha, Icha mengaku tak terlalu ambil pusing. Terpenting, dia menuturkan, untuk membangun usaha ialah pelayanan yang terbaik.

"Kalau soal persaingan, saya nggak terlalu fokus sama kompetitor, yang terpenting beri yang terbaik dan service ke customer. Biar customer yang memilih," tutupnya. 

Sumber:detikfinance

No comments

Powered by Blogger.