'Bulan Sabit' di Pangkal Kuku Tunjukkan Kondisi Kesehatan



     Keberadaan 'bulan sabit' pada kuku ternyata tak bisa dianggap sepele. Area 'bulan sabit' itu dapat menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.



Dream - Anda pasti tahu area berbentuk mirip bulan sabit yang ada di pangkal kuku jari tangan. Area itu disebut lunula.



Keberadaan lunula pada kuku ternyata tak bisa dianggap sepele. Lunula dapat menunjukkan kondisi kesehatan seseorang. Berikut ulasannya.

1. Anemia atau kekurangan gizi

Tidak adanya lunula pada ibu jari menunjukkan jika seseorang berpotensi menderita anemia (kekurangan darah) atau kekurangan gizi.

2. Wilson's disease

Area lunula yang berwarna biru menunjukkan seseorang menderita penyakit Wilson's disease. Ini adalah penyakit gangguan genetik karena tumpukan zat tembaga di berbagai organ vital, seperti hati, kornea mata, dan otak.

Wilson's disease terjadi karena hati tidak berfungsi untuk mencerna zat tembaga secara sempurna. Akibatnya, fungsi hati rusak, sistem saraf pusat tidak berfungsi hingga menyebabkan kematian.

3. Diabetes Melitus

Jika lunula berwarna biru pucat, bisa mengindikasikan penyakit diabetes melitus.

4. Kardiovaskular

Lunula yang berwarna merah bisa menunjukkan seseorang mengalami penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh darah kolagen, penyakit hematologic malignancies atau kanker darah.

5. Sirosis

Seseorang yang lunulanya menghilang dan permukaan kukunya berubah warna menjadi putih atau disebut Terry's nails, bisa jadi mengindikasikan adanya penyakit hati yang berat. Biasanya ini terjadi pada semua jari kuku, meskipun bisa juga hanya muncul pada 1 jari kuku. Delapan puluh persen pasien dengan sirosis memiliki Terry's nails.

Sementara itu, lunula yang sehat ditandai dengan warna merah muda transparan karena pembuluh darah di bawahnya yang berbayang. Tak hanya menunjukkan kondisi akar kuku yang sehat, lunula seperti itu juga mengindikasikan sehatnya tubuh seseorang.

Sekarang coba cek kuku Anda?

Sumber : Detik

No comments

Powered by Blogger.