Dubes RI Bahas Perlindungan TKI dengan Kemenaker Singapura

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menjadi fokus bahasan pertemuan antara Duta Besar RI untuk Singapura Ngurah Swajaya dengan Menteri Tenaga Kerja Singapura Josephine Teo.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dubes Ngurah juga memaparkan keinginan agar TKI dimungkinkan melakukan on the job training untuk sektor hospitality, termasuk dalam bidang pariwisata.

“Saat ini, pelatihan juga diberikan untuk caregiver dan perawat yang diharapkan dapat mengisi lowongan yang dibutuhkan di Singapura,” kata Dubes Ngurah dalam keterangan tertulisnya yang diterima Medcom.id, Selasa 10 Juli 2018.

“Indonesia juga mengapresiasi peranan Kementerian Ketenagakerjaan Singapura dalam memberikan perlindungan bagi para TKI kami di Singapura. Kami berharap terus ada kerja sama antar dua negara,” lanjut dia.

Dubes Ngurah menjelaskan bahwa KBRI Singapura mengedepankan aspek “Beyond Protection”, yaitu pemberdayaan dan peningkatan kapasitas bagi PMI melalui penyelenggaran pelatihan keterampilan di berbagai bidang yang diminati sehingga para PMI memiliki modal keterampilan untuk memulai karir baru pada saat mereka kembali dari Singapura.

KBRI Singapura saat ini telah memberikan sertifikat hasil pelatihan kepada 600 TKI yang mencakup bidang2 seperti barista, baking, menjahit, tata rias dan sebagainya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Selain isu TKI, mengingat potensi yang besar dalam bidang pariwisata dan ekonomi digital, Menteri Teo juga menyampaikan kesiapan mendukung kerja sama peningkatan SDM dan kerjasama antar lembaga pelatihan.

KBRI Singapura dan Kemenaker Singapura juga sepkat terus berkonsultasi dan berkoordinasi untuk perlindungan TKI di Singapura dan menjamin manfaat timbal balik antar dua negara.

Sumber:medcom

No comments

Powered by Blogger.