Menteri Basuki Segera Renovasi Rumah Zohri, Juara Dunia Lari 100 Meter



      Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merenovasi rumah Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.



Sebelumnya, Jokowi menyampaikan rasa bangga seluruh rakyat Indonesia atas prestasi Zohri menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.



Menindaklanjuti perintah tersebut, Basuki langsung menugaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Danis H Sumadilaga dan Direktur Rumah Khusus, Ditjen Penyediaan Perumahan Chris Robert Marbun untuk berangkat ke Lombok Utara untuk menemui keluarga dan melihat langsung kondisi rumah Zohri sebagai persiapan pelaksanaan renovasi menyeluruh atas rumah tersebut.

“Sesuai perintah Bapak Presiden, tadi pagi Menteri PUPR meminta kami untuk segera mengecek kondisi rumah keluarga Zohri untuk dapat menentukan renovasi yang akan dilakukan,” kata Danis dalam keterangan tertulis, Jumat (13/7/2018).

Basuki sendiri sejak Kamis hingga Sabtu melakukan kunjungan kerja di Kota Palembang, Sumatera Selatan dalam rangka mendampingi Jokowi meninjau kesiapan infrastruktur Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18-8-2018 dan membuka Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden 2018.

Lomba tersebut merupakan test event Venue Dayung di mana pembangunan embungnya dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air, sedangkan pembangunan tribun venue dayung dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya.

Hadiah dari Jokowi untuk Zohri

Prestasi gemilang anak bangsa, Lalu Muhammad Zohri, yang menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia, mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Presiden menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan pemuda asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu.

"Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga," kata Presiden usai menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-71 di Indonesia Convention Centre, BSD City, Tangerang, Banten, Kamis, 12 Juli 2018.

Selain memberikan ucapan selamat, Jokowi juga telah menginstruksikan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok.

"Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok," kata Jokowi, Kamis malam, seperti dikutip dari Biro Pers Kepresidenan.

Untuk diketahui, Zohri berasal dari keluarga yang sederhana. Rumahnya berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Namun begitu, Presiden mengatakan prestasi yang diraih Zohri dan atlet-atlet cabang olahraga lainnya akan menjadi modal penting Indonesia untuk berjaya di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.

"Kayak kemarin badminton, itu modal (untuk) Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," ucap Jokowi.



Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.