Migrant Care Kecewa Terdakwa Eksploitasi TKI Divonis Bebas

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Migrant Care menyesalkan hasil putusan dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Semarang, lantaran dari sidang putusan, Direktur PT Sofia Sukses Sejati, Windi Hiqma Ardani dinyatakan bebas.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ya, pada sidang putusan itu, Windi Hiqma Ardani dibebaskan, dari jeratan Pasal Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Menurut Migrant Care, putusan itu dapat menjadi preseden buruk bagi perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dikatakan oleh Kepala Bidang Hukum Migrant Care, Nur Harsono, dari hasil itu, jelas pihaknya sangat kecewa dengan putusan hakim. Menurut dia, hakim tidak mempertimbangkan keterangan saksi dan fakta persidangan selama kasus tersebut berlangsung.

"Kami merasa, hakim mengabaikan fakta dan keterangan saksi. Sudah jelas, apa yang dilakukan oleh terdakwa ini memenuhi unsur Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), namun hakim justru mengabaikannya," katanya, terpisah, Jumat (6/7/2018).

Pihaknya juga mengklaim, bahwa, pertimbangan hakim yang digunakan justru banyak dari saksi yang meringankan terdakwa, bukan saksi fakta.

"Hal itulah yang membuat putusan hakim mengecewakan, yakni melepaskan terdakwa dari jeratan hukum. Jika kasus seperti ini dibebaskan, maka akan menjadi preseden buruk bagi nasib TKI kita di luar negeri. Nanti kalau ada kasus yang sama, pemilik perusahaan akan santai, sementara para korban ini yang menanggungnya," bebernya.

Karena, menurutnya, fakta di lapangan sudah membuktikan, jika apa yang dilakukan oleh terdakwa sudah memenuhi unsur pasal TPPO tersebut.

Misalnya dari penempatan TKI yang tidak sesuai kontrak, jam kerja yang melebihi kontrak, gaji yang dibayar tidak sesuai kontrak, dan hal lainnya.

"Endingnya, para TKI ini ditangkap Polisi Malaysia dan sempat ditahan selama dua bulan. Ini jelas bukti bahwa para TKI ini adalah korban, dimana mereka, korban eksploitasi tenaga kerja," ujarnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Untuk itu, Harsono mengaku, akan mengawal kasus tersebut. Ia bahkan mengatakan, akan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan terkait pihaknya akan melayangkan Kasasi ke Mahkamah Agung, terkait putusan hakim kali ini.

"Kami berharap Jaksa Kasasi, karena ini harus diperjuangkan demi nasib para TKI Indonesia yang mengadu nasib," jelasnya.

Sumber:tribunnews

No comments

Powered by Blogger.